Polres Majalengka Gelar Deklarasi Pemilu Damai Bersama Forkompinda dan Caleg

Majalengka, Beritainspiratif.com – Sebayak 556 Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Majalengka menyatakan, siap mendukung pemilu 2019 yang aman, damai, dan sejuk.

Hal itu ditegaskan dalam deklarasi Pemilu damai, yang digelar di Gedung Graha Sindangkasih, Majalengka, Jumat (15/3/2019) pada silahturahmi antara para Caleg dengan unsur Muspida Majalengka.

Pada kesempatan tersebut, selain dihadiri seluruh para Caleg DPRD Majalengka yang terdiri dari peserta pemilu, juga dihadiri Bupati Majalengka, Karna Sobahi Ketua DPRD Majalengka, Unsur Muspida Majalengka, Ketua KPUD dan Ketua Bawaslu Majalengka serta tamu undangan lainnya.

Ketua KPUD Majalengka, Agus Syuhada mengatakan, Pileg dan Pilpres pada Pemilu 2019 secara serentak ini, menjadi sejarah baru di Indonesia. Namun pada Pemilu tahun ini bayak penuh tantangan dan banyaknya pemberitaan tidak benar atau Hoax.

“Semoga dengan adanya kegiatan silaturahmi dengan seluruh para Caleg DPRD Majalengka, kami harapkan dapat menciptakan Pemilu tahun 2019 yang aman,” ungkapnya.

Selain itu, pada kesempatan itu, Agus juga menyampaikan bahwa angka partisipasi di Kabupaten Majalengka pada Pemilu saat ini sudah mencapai 80 persen.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Arm Novi Herdian menambahakn, bahwa pesta demokrasi tahun 2019 ini, didalamnya banyak bumbu-bumbu yang ingin memenangkan masing-masing Caleg dengan berbagai cara.

“Oleh karenanya, dengan terselenggaranya kegiatan ini, mari kita sama-sama ciptakan Pemilu tahun 2019 ini yang aman, lancar dan kondusif,” ajaknya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, bahwa Pemilu 2019 tersebut, diharapkan berlangsung aman, damai, kondusif dan sejuk.

“Mari kita mewaspadai dan mengantisipasi beberapa potensi kerawanan yang dapat terjadi dalam Pemilu tahun 2019. Diantaranya, ancaman intoleransi, radikalisme dan terorisme,” jelasnya.

Tak hanya itu, kapolres juga meminta untuk mewaspadai adanya penyebaran hoax dengan isu sara, politik identitas maupun adu domba serta money politik dan black campaign atau negative campaign dan kejahatan konvensional lainnya.

“Mari kita menjaga bersama-sama, jangan sampai hal tersebut terjadi, sehingga menyebabkan terganggunya pesta demokrasi lima tahunan ini,” himbaunya.

Selain itu, dia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dilaksanakannya kegiatan silaturahmi dan deklarasi Pemilu damai tahun 2019 tersebut.

“Semoga Pemilu serentak tahun 2019 dapat berlangsung dengan aman, lancar, kondusif dan sejuk,” harapnya.

Sementara, Bupati Majalengka, Karna Sobahi menjelaskan, para Caleg Kabupaten Majalengka, saat ini sebanyak 556 orang. Sedangkan yang akan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Majalengka sebanyak 50 orang.

Bupati Karna Sobahi melanjutkan, kepada pihak KPU Majalengka bahwa pihaknya mengizinkan untuk menggunakan fasilitas lokasi Sekolah Dasar (SD) untuk dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Ini dikarenakan jumlah TPS pada Pemilu tahun 2019 ini cukup banyak, sekitar 4.125 TPS. Namun kami juga berpesan mari kita ciptakan Pileg dan Pilpres ini dapat berjalan aman dan kondusif,” pungkasnya.

(Yones)

Bagikan: