None Jakarta Timur 2019 Putri Maulida Jasmin, Wisudawan Terbaik Unpad IPK 3,95

Bandung, Beritainspiratif.com – Putri Maulida Jasmin terpilih sebagai Wisudawan Terbaik Program Sarjana pada Wisuda Lulusan Gelombang II Tahun Akademik 2019/2020 Universitas Padjadjaran 4-5 Februari 2019.

Putri merupakan lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Unpad dan berhasil menempuh masa studi selama 3 tahun 5 bulan.

Ia menyandang gelar sarjana dengan IPK 3,95 pada 14 Januari 2020 lalu setelah menuntaskan skripsi berjudul:

“Implementasi Smart Governance oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Aplikasi Qlue.”

Saat mahasiswa, Putri tidak hanya fokus di akademik. Ia tidak lupa memperluas relasi dan wawasan dengan mengikuti berbagai konferensi, kompetisi, hingga magang.

Ia pun pernah magang di Deputi IV Kantor Staf Presiden Republik Indonesia yang membidangi Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, selama 2 semester.

Berbagai prestasi pun banyak diraih Putri baik di tingkat lokal hingga mancanegara yakni Putri terpilih sebagai Juara Harapan I ajang Abang None Jakarta Timur 2019. Sementara di tingkat internasional, Putri pernah mewakili delegasi Indonesia di ajang 2nd Asean-India Youth Summit di India 2019.

Putri pasangan Hendri Tanjung dan Lina Noventi ini juga aktif berorganisasi di kampus sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad dan Foreign Policy Community Of Indonesia (FPCI) Chapter Unpad.

Menurut wanita berdarah Minang ini, pintar secara akademik saja belum cukup. Membangun relasi seluas mungkin sambil mengasah softskill, manner, dan tetap pandai menempatkan diri di berbagai situasi.

Untuk menyeimbangkan antara segala kesibukan agar tidak menghambat kegiatan akademiknya, ia menyatakan bahwa tidak ada yang tidak mungkin dalam mengatur waktu.

“Lelah itu pasti ada, tapi kita harus berani mendobrak batas,” ujarnya.

Wanita kelahiran Jakarta, 3 Juli 1998 mengungkapkan, keberhasilan dalam studi sarjananya telah diusahakan dan direncanakan sejak awal ketika masih berstatus mahasiswa baru. Bahkan ia telah menyiapkan setidaknya lima rancangan skripsi sejak semester keempat.

“Lulus 3,5 tahun sudah jadi tekad dan prinsip sejak awal kuliah, dan sekarang ketika dipilih jadi wisudawan terbaik sebenarnya adalah bonus,” ujarnya.

Kelulusan dan status wisudawan terbaik Putri turut didedikasikan kepada dosen pembimbingnya, (alm.) Drs. Pipin Hanapiah, M.Si yang telah tutup usia beberapa waktu lalu.

Sebelum wafat, Putri menyatakan bahwa ia tengah berencana menyusun publikasi jurnal internasional bersama almarhum. Putri pun berencana untuk meneruskan studi di bidang Komunikasi Politik di luar negeri melalui beasiswa LPDP. Selanjutnya ia bercita-cita kembali mengabdi untuk negeri di Kantor Staf Presiden Republik Indonesia.

Kepada para mahasiswa, ia pun berpesan bahwa menerima diri sendiri dengan segala kekurangan adalah hal yang membanggakan.

Selain itu, beranilah untuk mulai melangkah menggapai semua yang diinginkan, selalu berdoa dan bersyukur atas semua pencapaian, dan tidak lupa memohon doa restu kepada orangtua, pungkasnya.

Yanis

Sumber Laman resmi Unpad Bandung

 

Bagikan: