Menteri BUMN Rini Soemarno Lepas Ekport Vaksin Bio Farma dan Bahan Peledak Produk PT. Dahana



Bandung, Beritainspiratif.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno didampingi Gubernur Jawa Barat Rudwan Kamil, melepas ekport produk PT. Bio Farma dan PT. Dahana, di halaman PT Len Industri jl. Soekarno Hatta kota Bandung, Rabu (31/10/2018).

Produk yang dieksport berupa vaksin yang dihasilkan PT. Bio Farma dengan tujuan Pakistan, Turki dan Honduras serta bahan peledak produksi PT Dahana tujuan Australia.

Pantauan Beritainspiratif.com, produk kedua BUMN tersebut dikirim, masing - masing menggunakan dua truk.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, BUMN sudah semakin mampu mengeksport produk hasil inovasi anak bangsa. Total nilai produk yang dieksport $5,2 juta setara dengan 74 ribun ton batubara. "Nilainya belum seberapa, tetapi mampu menyerap tenaga kerja cukup besar," ujarnya.

Ia menuturkan, untuk menghasilkan produk eksport senilai $5,2 juta tersebut, tenaga kerja yang tetserap sebanyak 3.500 orang, sedangkan untuk memproduksi 74 ribu ton batubara hanya dibutuhkan 200 orang.

Karena itu, ungkap Rini BUMN harus terus melakukan inovasi sehingga kebutuhan dalam negeri dapat dipenuhi di negeri sendiri, disamping untuk di eksport.

"Untuk meningkatkan kemampuan produksi, kita harus mendorong hilirisasi, sehingga barang yang selama ini diimport dapat dibuat didalam negeri. Hal itu akan berhasil, bila ada sinergi antar BUMN, kementerian dan dengan pengguna," tegas Rini Soemarno.     (Ida)

Berita Terkait