Mengenal Sosok Yofi Cahya, Pencipta Aplikasi Ojek Online Khusus Wanita



Bandung, Beritainspiratif.com - Dewasa ini kenyamanan dalam menggunakan transportasi menjadi tujuan semua orang terutama dalam transportasi yang bersifat publik, terutama bagi kaum perempuan.

Dengan alasan tersebut, seorang pemuda asal kota Bandung, Yofi Cahya, menciptakan layanan ojek online khusus perempuan bernama She- Jack.

"She-Jak ini merupakan layanan ojek online berupa aplikasi dan grup komunitas yang dikhususkan bagi perempuan, di mana driver dan pelanggannya sama sama perempuan," ungkapnya kepada Beritainspiratif.com saat ditemui di daerah Kopo Bihbul, pada Sabtu (8/12/2018).

Secara teknis dikatakan Yofi, aplikasi She-Jack sudah tersedia dan gratis didownload di Play Store.

"Selain melalui aplikasi, She-Jak juga menyediakan grup WhatsApp dan Telegram, caranya, pengguna bisa menuliskan alamat dan tujuan di grup atau juga dijapri ke admin grup nanti oleh admin grup akan di share ke grup driver, jika ada driver yang bersedia, maka mereka langsung menghubungi pengguna, minimal penggunaan memesan 15 menit sebelum berangkat karena admin butuh waktu untuk konfirmasi ke driver," ungkapnya.

Yopi mengatakan, sejauh ini respon masyarakat terutama di Kota Bandung sangat antusias terhadap She-Jak meskipun memang harganya di atas rata-rata, tapi itu tidak menjadi kendala berarti.

"Karena memang pengguna lebih merasa aman dan merasa nyaman saat drivernya sesama perempuan, jadi mereka berani merogoh kocek lebih besar asal perjalanannya lebih nyaman," kata Yofi.

Yofii menjelaskan, sebelum diluncurkan pihaknya melakukan persiapan selama kurang lebih 3 bulan, baru pada April 2018 She-Jek resmi beroperasi, dan sekarang sudah memiliki 700 lebih driver yang tersebar di berbagai wilayah dengan 29.000 lebih pengguna terdaftar di database.

"Awalnya di Kota Bandung saja namun sekarang sudah melebarkan sayap ke wilayah Bandung Raya di antaranya Kabupaten Bandung, Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat," papar Yofi.

Tak cukup di sana, sejumlah permintaan layanan She-Jak juga terus berdatangan dari kota-kota lain sampai ke luar Jawa, seperti Padang, Makassar dan kota lainya di Jawa Barat seperti Karawang, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor dan Jakarta

Pihaknya berharap semangat baik tersebut bisa terus menular ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

"Melalui She-Jak, kan masyarakat bisa terhindar dari dosa berdua-duaan dengan bukan muhrim, semoga hal ini bisa terus dikembangkan lebih banyak lagi di berbagai daerah di Indonesia tentu melalui berbagai kerjasama," pungkasnya.

(Tito)

Berita Terkait