KEREN...Pertamina Inisiasi Program Kampung Cerdas di Desa Mojolegi, Boyolali



Boyolali, Beritainspiratif.com - Desa Mojolegi, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang merasakan sulitnya sekolah daring. Ratusan anak sekolah di desa tersebut terancam tidak dapat melanjutkan sekolah akibat keterbatasan akses internet dan tidak memiliki gawai.

Rendahnya pendidikan yang dienyam oleh orang tua juga menjadi salah satu faktor tidak berhasilnya belajar daring. akibatnya banyak waktu dihabiskan oleh anak-anak dengan bermain.

Anna Yudhiastuti selaku Unit Manager (UM) Communication, Relations, & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT), mengungkapkan pihaknya telah menjalankan program CSR Fuel Terminal Boyolali untuk membantu anak-anak di Desa Mojolegi agar dapat meneruskan kegiatan belajar meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19.

“Program yang kami jalankan bertajuk Kampung Cerdas Mojolegi yang menghadirkan fasilitas belajar selayaknya sekolah di tengah desa, namun tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti pembentukan kelompok siswa yang tidak lebih dari 10 orang setiap kelompok dan duduk berjarak hingga mengenakan masker,” ungkap Anna dilaman resmi Pertamina.

Baca Juga:Satpol-pp-kota-bandung-razia-ratusan-warga-yang-langgar-aturan-akb

Fasilitas tersebut hadir dalam wujud Rumah Belajar berukuran 6x12 meter persegi lengkap dengan sarana prasarana belajar hingga taman baca yang bersumber dari dana bantuan CSR Pertamina.

“Kampung Cerdas telah menjangkau setidaknya 150 orang penerima manfaat yang kembali dapat merasakan kegiatan belajar mengajar setiap harinya, mulai dari tingkat SD dan SMP. Selain itu para orang tua juga diberikan wawasan tentang bagaimana mendampingi anak-anaknya dalam mengerjakan tugas sekolah,” pungkasnya.

Kegiatan dalam Program Kampung Cerdas, menurut Anna, telah berlangsung setiap harinya sejak Mei sampai sekarang dan akan terus berlanjut hingga anak-anak Desa Mojolegi bisa berangkat sekolah kembali.

“Materi pembelajaran yang dibawakan disesuaikan dengan kurikulum di sekolah. Selain itu anak-anak diarahkan untuk dapat fokus menyelsaikan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah” tambahnya.

Dalam menjalankan program Kampung Cerdas, Pertamina merangkul 8 orang pemuda Desa Mojolegi sebagai mentor bagi anak-anak sekolah di tingkat SD dan SMP atau yang berada di bawah usianya dalam melakukan pendampingan pembelajaran.

“Kami diajak Pertamina untuk membantu adik-adik kami di sini supaya tetap bisa belajar meskipun tidak bisa berangkat ke sekolah karena Covid-19,” ujar Risma, salah satu pemuda yang menjadi penggerak Kampung Cerdas.**

Berita Terkait