HPS ke-39, Pemkot Bandung Ajak Waraga Bijak Dalam Konsumsi Pangan



Bandung,Beritainspiratif.com - Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 tahun 2019. Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pangan dan Pertanian mendorong warga Kota Bandung untuk mengurangi konsumsi yang tidak perlu.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan berdasarkan survey Dinas Pangan dan Pertanian, Indonesia sebagai urutan kedua dalam membuang makan yang layak makan.

"Kalau kita mau makan dua suap, ambil dua suap, jangan ambilnya 5 suap, sisanya 3 suap, kan kita buang padahal masih layak, kan mubazir,"katanya di Hotel Golder Flower, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, Warga kota bandung harus mampu menyesuaikan diri harus bisa mengurangi konsumsi yang tidak perlu.

"Biasanya kita masak berlebih, kita kurangi, jadi harus di sesuaikan,"ucapnya.

Yana mencontohkan, Beras dalam sebulan butuh 1000 ton, tapi kalau warga dapat menghemat mungkin hanya butuh 700 ton, cara tersebut, bisa menghembat biaya dan penyimpanan uang.

"Saya berharap kita mendorong membuat suatu gerakan untuk mengurangi itu, jadi konsumsilah apa yang harus di konsumsi,"tuturnya.

Menurut Yana, sektor ketahanan pangan banyak melibatkan dinas, ia berharap, semua terlibat dapat merumuskan inovasi tersebut, terlebih bagi Dispangtan.

"Dewan Ketahanan Pangan di bentuk supaya bagaimana menjamin ketahanan pangan, tidak saja dalam kebutuhannya, jumlahnya, tapi keamanannya, kualitasnya, dan harganya,"jelasnya.

Yana mengatakan, situasi ekonomi itu fluktuatif, misalkan harga telor sewajtu-waktu bisa naik bisa rendah.

"Seandainya kita tahu supplyer telor di mana, mungkin kita bisa langsung deal dengan mereka,"katanya. (Mugni)

Berita Terkait