Hari Tuberkulosis, Sekretaris Komisi V DPRD Jabar : Jadikan Momen Perbaikan Kualitas Kesehatan

Bandung,Beritainspiratif.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) prov. Jawa Barat mendukung upaya pemprov. Jawa Barat dalam upaya mencegah sekaligus memberantas penyakit Tuberkulosis atau TBC.

Sekretaris Komisi V DPRD Jawa Barat Abdul Hadiwijaya mengatakan, setelah stunting atau kondisi gagal tumbuh, TBC saat ini merupakan masalah kesehatan yang menjadi sorotan tidak hanya di Indonesia tapi dunia.

“Hari Tuberkulosis Sedunia yang diperingati setiap tanggal 24 Maret, diharapkan menjadi momentum untuk memperbaiki kualitas kesehatan,” kata Abdul Hadi di Bandung, Senin 8/4/2019).

Dukungan DPRD Jabar dalam mencegah dan memberantas penyakit TBC, lanjut Abdul Hadi sudah direalisasikan.

Dari tataran regulasi jelas dia, telah diterbitkan Perda tentang Kesehatan Masyarakat dan Perda tentang Kawasan Anti Rokok.

Dukungan sarana juga sudah direalisasikan, diantaranya berupa dukungan penambahan Rumah Sakit Paru yang berlokasi di Karawang.

“Rumah Sakit Paru di Karawang, siap dibangun tahun 2019 ini,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Prov.Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan, setiap tahunnya ditemukan sekitar 127 ribu kasus baru TBC di Jawa Barat.

“Dari jumlah kasus ini baru 50% yang ditemukan dan diobati, sisanya masih perlu kita layani dengan baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, salah satu terobosan yang dilakukan dalam memberantas TBC, adalah dengan Gerakan Temukan TBC, Obati Sampai Sembuh (Toss) TBC.

(Ida)

Bagikan: