E-Toll, Solusi Hilangkan Antrean di Gardu Tol

BANDUNG. Penggunaan e-toll dalam dalam bertransaksi di tol menjadi solusi baru mengurangi jumlah antrian pada saat pembayaran.

Selama ini, masyarakat ketika melalui gardu tol harus mengantre cukup lama. Pasalnya, ada saja masyarakat yang tidak menyiapkan uang pas pada saat melalui gardu tol untuk melakukan pembayaran.

“Antrean yang biasa kita lihat dan alami di pintu-pintu gerbang tol itu insyaAllah bisa dikurangi. Kalau bisa dihilangkan,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat kepada BeritaInspiratif, Minggu (1/10).

Wiwiek menjelaskan, salah satu tujuan dari menggunakan e-toll untuk memudahkan masyarakat. Cukup dengan tiga detik transaksi di gardu tol sudah selesai.

“Terus terang, kalau kita bayar tol dengan non tunai (e-toll) bisa dilakukan lebih cepat,” ungkapnya.

Wiwiek mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan e-toll sejak sekarang. Mulai 1 Oktober 2017, seluruh jalan tol secara nasional hanya melayani transaksi non tunai.

“Kalau masuk tol siap dengan e-money, siap dengan U-Nik. Sudah banyak bank-bank yang mengeluarkan kartu e-money ini. Ada Mandiri, BTN, BCA, BNI, BRI, dan BJB,” tandasnya. (gan)

Bagikan: