Dua Kabupaten di Kaltim Jadi Ibu Kota Negara

Jakarta, Beritainspiratif.com – Pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers yang digelar di Istana Negara, Senin (26/8/2019) menyebutkan dua kabupaten di Kalimantan Timur dipilih untuk menjadi ibu kota negara.

Menurut Jokowi keputusan tersebut diambil setelah melalui kajian dan studi selama tiga tahun terakhir. “Pemerintah telah melakukan pengkajian yang mendalam dan kita intensifkan studi selama tiga tahun belakangan ini,” kata mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa Menteri Kabinet Kerja mengatakan bahwa hasil kajian tersebut menyimpulkan lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur.

“Hasil kajian dan studi yang kita lakukan lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah sebagian di Kabupaten
Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,”kata Jokowi.

Pemindahan ibu kota baru, lanjut Jokowi membutuhkan anggaran Rp466 triliun yang sebagian dibebankan pada APBN dari hasil pengelolaan aset negara di DKI Jakarra dan di ibu kota baru.

“Sisanya dari kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dan investasi langsung swasta dan BUMN,” papar Jokowi. (Yones)

Bagikan: