Forum Dialog ‘Bandung Menjawab’ Bahas Kesiap-siagaan Bencana

Bandung, Beritainspiratif.com- Pemerintah Kota Bandung kembali menggelar forum dialog Bandung Menjawab di Taman Sejarah Wiranatakusumah Kota Bandung, Kamis (11/10/2018).

Berkaitan dengan santernya kabar potensi bencana disebabkan ada lempeng bumi aktif sesar Lembang, Bandung Menjawab kali ini mengangkat tema tentang Potensi Kerawanan Bencana dan Gempa di Kota Bandung.

Adapun narasumber yang mengisi acara tersebut yakni Kasubdit Perencanaan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bapelitbang Kota Bandung, Andry Heru Santoso, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Sihar Pandapota Sitinjak, serta perwakilan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Tema tersebut diangkat agar warga Bandung tidak merasa takut saat terjadi bencana, namun mengetahui apa yang harus dilakukan saat bencana datang.

Menurut Sihar Pandapotan, bencana alam adalah sebuah keniscayaan yang mungkin terjadi di manapun, yang perlu disiapkan adalah sejauh mana masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi.

“Bahwa kalau yang namanya sesar Lembang itu bagian dari pada alam dan mungkin berakibat bencana, secara teknis kalau kapan terjadinya bencana tentu tidak ada yang bisa memastikan, tetapi karena itu alam, secara pribadi musibah mungkin saja pasti terjadi tapi untuk waktunya kita semua tidak ada yang tahu, yang diperlukan adalah kesiapan kita,” ungkapnya. (Tito)

Bagikan: