Yuk Cicipi Keunikan Rasa Kopi dari Sumatera



Bandung, Beritainspiratif.com - Salah satu daerah penghasil kopi Robusta terbanyak di pulau Sumatera atau lebih tepatnya Provinsi Bengkulu, memiliki satu jenis kopi kualitas ekspor yang berbeda dengan kopi Robusta di daerah lain.

Kopi Sintaro atau singkatan dari Sindang Dataran Robusta, nama Sindang Dataran di ambil dari nama kecamatan yang ada di Kabupaten Renjang Lembong, Provinsi Bengkulu.

Ketua kelompok Tani Kopi Sindang Dataran, Budi Utomo mengatakan, Kopi Sintaro memiliki rasa yang unik dan berbeda dari kopi Robusta yang ada di Indonesia.

"Kopi Sintaro satu kalau diolah secara SNI itu akan memiliki rasa yang mirip kopi ekspreso kalau ekspreso nilainya 90 kopi sintaro 85 sampai-sampai pegiat kopi menyebutnya kopi sintaro rasa ekspreso, "ujar Budi saat mengikuti festival Hari Perkebunan ke-61 Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (9/12/2018).

Saat ini, pemasaran kopi Sintaro sudah masuk ke sejumlah daerah di Indonesia dan mancanegara seperti Yogyakarta, Malang, Pekan Baru, Swis, Singapore.

"Untuk ke Swis dan Singapore baru memberikan sempel-sempelnya saja, "ucap Budi.

Budi mengharapkan, dengan cara pengolahan kopi Robusta pada saat ini dengan cara petik merah, olah basah, dengan berbagai macam proses bisa memberikan kualitas kopi yang bagus

"Alhmdulillah dari pola ini kita bisa membeli kopi basah dari petani dengan harga yang lebih dari kopi-kopi lainya,"pungkasnya.

(Tito)

Berita Terkait