Yani Dinobatkan Apoteker Terbaik Tingkat Jawa Barat atas Inovasi Hallo Sehat

Bandung, Beritainspiratif.com – Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-54 menjadi momen yang tidak terlupakan bagi Yani Lestari Rahayu, pasalnya apoteker yang sehari-hari bertugas di Puskesmas Kecamatan Ciamis ini dinobatkan sebagai apoteker terbaik se-Provinsi Jawa Barat.

Ditemui usai upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional, Yanti merasa bangga karena dirinya mendapat penghargaan tersebut.

“Tentu saya merasa bangga menjadi apoteker terbaik se-Provinsi Jawa Barat karena memang seleksi yang dilakukan sebelumnya juga sangat ketat,” uungkapnya.

Yanti menjelaskan sebelum masuk ke tingkat provinsi ada seleksi di tingkat kabupaten yakni tahap pertama Kepala Puskesmas mengusulkan satu orang petugas untuk kategori apoteker dari Puskesmas Kecamatan Ciamis.

Di tingkat kabupaten/kota seleksi dilakukan dengan tes tulis dan wawancara bersama tim penilai dari bidang kefarmasian

“Alhamdulillah di tahap tersebut, di tingkat kabupaten/kota saya lolos dan menjadi peserta kompetisi di tingkat provinsi, lalu saya bersaing dengan 14 apoteker lainnya dari kabupaten/kota se-Jawa Barat, di tingkat provinsi seleksi yang dilakukan dilaksanakan 3 hari, pertama tes tulis sebanyak 100 soal dalam 100 menit kemudian presentasi program inovasi dan yang terakhir itu tes praktek,” tutur Yanti.

Yanti menjelaskan untuk program inovasi yang dipresentasikan yakni berjudul “Peran Apoteker untuk Meningkatkan Kepatuhan Pasien dalam Pengobatan Hipertensi Melalui Halo Sehat di Puskesmas Ciamis, Kabupaten Ciamis”.

Pada pelaksanaannya, pihaknya mengambil sampel dari pasien yang termasuk dalam kelompok Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis.

“Jumlah pasien yang jadi anggota Prolanis hipertensi ini ada 150 orang yang tersebar di kelurahan di lingkup Kecamatan Ciamis. 150 orang tersebut saya kontrol bagaimana kepatuhan mereka meminum obat, khusus untuk penyakit hipertensi, cara mengontrolnya yakni melalui telepon kalau yang punya nomor telepon, kalaupun tidak bisa, saya menghubungi kader puskesmas yang ada di setiap kelurahan,” jelasnya

Dengan diraihnya juara apoteker teladan di provinsi Jawa Barat Yanti berharap, inovasinya dapat menginspirasi banyak orang dan dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan pada umumnya

“Semoga inovasi yang saya lakukan ini bisa diterapkan di Puskesmas- Puskesmas baik di tingkat provinsi Jawa Barat atau lebih luasnya seluruh Indonesia,” jelasnya.(Tito)

Bagikan: