Yana Masih Menyimpan Radio Antik Bekas Peninggalan Orang Tuanya



Bandung, Beritainspiratif.com - Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana mengaku masih memiliki radio antik merek Philips bekas peninggalan orang tuanya dan masih komplit.

"Kehitung masih komplit karena di tengahnya berfungsi sebagai radio, pinggir kanan sebagai pemutar piringan hitam dan di sebelah kirinya itu pita," ujar Yana usai membuka pameran Radio Antik di Museum Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (14/2/2019)

Yana mengatakan, radio bukan sekedar media hiburan, radio juga sangat berkaitan dengan sejarah Indonesia.

"Disini kita bisa lihat perjalanan radio bahwa radio itu bukan sekedar media hiburan ternyata sangat erat dengan sejarah. Karena kita bisa baca di sini radio ikut berperan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia,"ucapnya.

Untuk perawatanya, Yana mengakui sering membersihaknnya karena radio tersebut terbuat dari kayu. Lalu, radio yang tengahnya menghadap ke atas memiliki penutup jadi terhindar dari debu.

Selain itu, radio tersebut merupakan media yang masih mengeluarkan gelombang short wave (SW). Meski pun glombang pendek dan memiliki kualitas suara rendah diantara gelombang AM dan FM. Akan tetapi, kelebihan SW dapat ditangkap dari jarak yang jauh sekalipun.

"Gelombang SW bisa ya kalau malem-malem ada kedenger mungkin dari Australia, dan tidak terganggu frekeuansi Fm lain,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait