Wujudkan Kota Layak Anak, Perlu Political Will Kepala Daerah

Bandung, Beritainspiratif.com – DPRD provinsi Jawa Barat mendorong Jawa Barat menjadi provinsi layak anak.

Untuk itu, harus ada kemauan kuat atau political will kepala daerah (Bupati/ Walikota) di Jawa Barat, menjadikan kotanya sebagai kota layak anak.

Dengan adanya political will, kata Heri, bupati/ walikota akan mendorong disinergikannya program-program yang menyentuh layanan anak di masing-masing OPD.

“Yang ada di Jawa Barat saat ini (OPD) berjalan masing-masing. Jadi tidak sinergi, tidak saling menguatkan, karena political will walikota/ bupati nya masih lemah,” kata Heri kepada BI.com di ruang kerjanya jalan Diponegoro kota Bandung, Jum’at (31/1/2020).

Heri melanjutkan, untuk mendukung program kota layak anak, dewan akan memback up dari sisi anggaran dan lahirnya peraturan daerah yang akan menguatkan program tersebut

“Kita akan wujudkan Jawa Barat sebagai provinsi layak anak. Artinya, 27 kabupaten/ kota harus wujudkan itu. Bupati/ walikota harus peduli pada anak. Jangan hanya membangun infrastruktur, sementara arena bermain anak-anak semakin berkurang,” ujar politisi dari fraksi PKS tersebut.

Di daerah pemilihannya kota Bekasi dan kota Depok, ungkap Heri, pada tiap kecamatan sudah ada GOR mini/ lapangan kecil.

GOR tersebut menjadi tempat berkumpul, bermain dan mengexpresikan hobi anak-anak, sehingga tidak selalu fokus pada gadget apalagi terjerumus pada penggunaan obat terlarang atau perkelahian.

Oleh karena itu Heri mengharapkan seluruh kota/ kabupaten di Jawa Barat, memperhatikan tumbuh kembangnya anak, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun pergaulan dan lingkungannya.

“Kita sedang menyiapkan suatu generasi, otomatis generasi ini anak-anak kita. Sehingga yang kita tinggalkan nanti adalah generasi terbaik, yang bisa lebih baik dibandingkan generasi kita pada hari ini,” pungkasnya.

(Ida)

Bagikan: