Wujudkan Jabar Provinsi Pariwisata Pemprov Serahkan 13 Kabupaten/Kota Bus Khusus Wisata

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkan bus khusus pariwisata kepada sejumlah kabupaten/ Kota di Jawa Barat. Penyerahan dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil selepas menjadi Pembina Upacara Peringhatan Hari Ibu di depan Gedung Sate Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada (22/12/2018).

Bus yang diserahkan pertama kepada Kota Cimahi tersebut diberi nama Sakoci atau kependekan dari Saba Kota Cimahi. Dengan hadirnya bus tersebut Gubernur optimis target terciptanya Jabar sebagai Provinsi Pariwisata dapat tercapai.

“Yang kedua, hari ini kita mengakhiri program 100 hari yaitu dengan memperlihatkan visi pariwisata dengan pemerintah provinsi menghibahkan 13 bus pariwisata dengan nama terserah masing-masing daerah, kalau tadi Sakoci istilah Cimahi,” Kata Emil.

Adapun 13 bus tersebut diberikan kepada Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Tasikmalaya

Desain busnya yang unik, lanjut kang Emil, terinspirasi dari Bandros yang diinisiasi oleh Pemkot Bandung saat Kang Emil menjabat Wali Kota Bandung, ternyata menarik dan menjadi program provinsi.

“Tapi intinya inspirasinya dari Bandros Bandung waktu saya Walikota ternyata jadi favorit, se Indonesia. Akhirnya kita jadikan program provinsi,” jelasnya.

Adapun, tambah Kang Emil, bus tersebut hadir untuk fasilitas penunjang wisata perkotaan.

“Nah tujuannya diberikan kepada kabupaten/kota yang memiliki potensi perkotaan, jadi wisata pusat kota. Misalkan Sumedang, jadi yah buat daerah alun-alunnya gitu, bukan untuk aprak-aprakan ke gunung atau ke mana, tapi memang bus ini untuk daerah perkotaan,”pungkasnya.

(Tito)

Bagikan: