Wujudkan Desa Mandiri, Pemdes Sambeng Bekali Warga Ketrampilan



Cirebon,Beritainspiratif.com – Desa Sambeng, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, sebagai salah satu desa penghasil kerang hijau di Kabupaten Cirebon, mempunyai potensi yang cukup baik untuk meningkatkan kesejahtran masyarakatnya. Bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cirebon, Pemdes Sirnabaya menggelar pelatihan kerajinan kulit kerang, yang diselenggarakan di Balai desa setempat, akhir pekan silam.

Kepala desa (Kuwu.red) Sambeng, Wara, mengatakan, pelatihan ketrampilan dengan bahan dasar limbah kerang (kulit.red) ini sangat membantu dan bermanfaat untuk masyarakat di desanya, pasalnya kulit kerang yang selama ini hanya menjadi limbah yang dianggap tidak bermanfaat.

“Selama ini, kulit kerang hanya dibuang ke tempat sampah, dan warga kami masih belum bisa memanfaatkannya dengan baik, namun ditangan-tangan kreatif sebenarnya kulit kerang ini bisa menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup baik,” ujar Wara saat ditemui Beritainspiratif.com, Rabu (20/11/2019).

Dikatakan Wara, dalam pelatihan yang dilaksanakan ini, ada beberapa kerajinan yang diajakrakan kepada para peserta seperti tempat tisu, tempat lampu, figra kaca dan kerajinan lain, dan para peserta pun antusias untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

“Pesertanya hampir semua ibu-ibu, dan kelihatanya peserta sudah mulai sadar akan manfaat limbah kerang yang ternyata memiliki nilai ekonomi yang cukup baik, sehingga nantinya diharapkan bisa meningkatkan kesejahtraan keluarga,” katanya.

Wara berharap setelah pelatihan ketrampilan dari kulit kerang ini, diharapkan akan muncul pengusaha-pengusah kerajinan dari kulit kerang dan kedepan wacana desa Sambeng sebagai desa mandiri akan bisa segera terwujud.

“Harapannya semoga ilmu yang didapat dari pelatihan ini bisa bermanfaat dan dapat dikembangkan lagi dan nantinya akan banyak pengrajin-pengrajin kulit kerang yang tumbuh dan berkembang di desa kami, sehingga desa kami lebih terkenal lagi, tidak hanya penghasil kerang tapi juga dengan kerajinan kulit kerangnya,” tambahnya. (Dekur)

Berita Terkait