Wow ! Semua Seperti Nyata, Wisuda 556 Mahasiswa SBM ITB Terapkan Virtual Reality

Bandung, Beritainspiratif.com – Selebrasi Wisuda virtual SBM ITB menerapkan teknologi Virtual Reality (VR), khususnya bagi lulusan penerima penghargaan dan lulusan berprestasi, menampilkan virtual oleh avatar lulusan yang menerima penghargaan yang diberikan oleh Dekan SBM ITB, Utomo Sarjono Putro, Sabtu (14/11/2020).

Sebanyak 556 mahasiswa, dengan 317 raih gelar Sarjana, 235 gelar Magister, dan 4 gelar Doktor.

Kondisi pandemi memaksa SBM untuk berinovasi dalam penyelenggaraan event. Inovasi yang dikembangkan dapat mengobati kerinduan untuk bertemu dan berinteraksi dalam event wisuda tersebut. Salah satu teknologi yang menjadi bagian dari teknologi industri 4.0 yang dapat mengobati keinginan untuk berinteraksi antar sesama civitas akademika SBM adalah virtual reality (VR).

Baca Juga:2-perwira-tni-ad-yang-ikuti-pendidikan-di-luar-negeri-raih-penghargaan

Menurut Dr. Eng. Nur Budi Mulyono, Kepala Laboratory of Educational Games (LEG) SBM ITB “Teknologi VR yang dikembangkan menggunakan platform mozilla hub dan unity web based. Teknologi ini mulai tahun ini dikembangkan di LEG untuk perkuliahan virtual dan pelatihan berbasis gamifikasi. untuk customisasi seperti pada event wisuda dibutuhkan waktu 1 bulan pembuatan”.

Teknologi Virtual Reality

Teknologi virtual reality merupakan salah satu inovasi yang sedang dikembangkan oleh LEG menuju education 4.0 dan ecosystem based learning yang dicanangkan oleh SBM. Teknologi ini memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi layaknya seperti interaksi sehari-hari di dalam dunia virtual yang didesain mirip dengan lingkungan kelas dan ruangan di SBM ITB.

Virtual Reality atau ‘mendekati kenyataan’ menjadi salah satu cara alternatif untuk bertemu, dan dapat membuat manusia merasa sedang berada di tempat tersebut, dan semua yang ia alami seperti nyata.

Baca Juga:Oke-oce-bakal-bentuk-working-space-di-setiap-kecamatan

Dalam sambutannya, Utomo menyampaikan “Kepada semua wisudawan yang kini telah memasuki status baru sebagai Alumni SBM, kami berharap yang terbaik untuk Anda ikuti dan lanjutkan perjalanan para alumni senior. Kemajuan dan prestasi alumni di dunia kerja sangat luar biasa. Alumni senior Anda telah mampu bekerja di berbagai instansi pemerintahan, bahkan dengan jabatan seperti Wakil Menteri dan Wakil Gubernur, dan juga dipercaya menduduki jabatan penting di perusahaan swasta, nasional, dan internasional”.

“Dan juga, ada alumni yang dengan semangat mengejar mimpinya menjadi pendiri perusahaan startup besar, di bidang keuangan, teknologi, pendidikan digital, dan lain sebagainya” ungkap Utomo.

Hadir memberikan motivasi alumni SBM ITB angkatan 2008, Marshall Tegar, Co Founder Fabelio, Pendiri produk Furniture yang sudah menasional dan meraih berbagai penghargaan ini memberikan pesan kepada para lulusan agar berjuang untuk kebahagiaan, jangan bandingkan dengan orang lain, hiduplah untuk saat ini, nikmati setiap proses, penting untuk mengutamakan kebahagiaan Anda paling penting.”.

Sejumlah tokoh memberikan penghargaan seperti Prof Kuntoro Mangkusubroto, tokoh akademisi nasional dan internasional untuk memberikan kesan pada lulusan SBM ITB, berikut adalah Dr Claire Hookham (Wakil Direktur Universitas Hull, Sekolah Bisnis- Inggris), Santiago García Rodríguez (Dekan Bisnis Global – Rennes School of Business, Prancis), Prof Kyoichi Kijima, Institut Teknologi Tokyo, Jepang Prof.Dr Wan Khairuzzaman Wan Ismail, Universiti Tenologi Malaysia dan Prof. Hikmahanto Juwana, Rektor, Universitas Jenderal Achmad Yani, Indonesia.**

Yanis

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

3. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Bagikan: