Wiwiek:Provinsi di   Kuadran 4 Harus Jadi Prioritas Kebijakan

Jakarta, Beritainspiratif.com – Belum meratanya perkembangan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia merupakan contoh pemetaan kondisi perekonomian selama 5 tahun terakhir.

Demikian dikatakan salah satu calon yang menjalani uji kepatutan dan kelayakan Wiwiek Sisto Widayat yang digelar Komisi XI DPR RI dalam uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap tiga orang calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI).

“Sebagai contoh, untuk menjawab pertanyaan mengapa inflasi di Indonesia masih tergolong rentan adalah terlihat adanya provinsi-provinsi yang berada di kuadran 4,” ujar Wiwiek seperti diberitakan Kompas.com.

Ia menyebut, yang dimaksud dengan provinsi yang berada di kuadran 4 adalah provinsi-provinsi yang memiliki inflasi lebih tinggi dari inflasi nasional, namun pertumbuhan ekonominya lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Wiwiek memberi contoh adalah provinsi Kalimantan Timur, Riau, dan Kalimantan Selatan.

Kondisi tersebut, imbuh dia, harus menjadi fokus perhatian dan prioritas kebijakan. Dengan demikian, inflasi Indonesia dapat tetap terjaga rendah dan bermanfaat secara berkelanjutan.

“Selanjutnya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali ke level 6 persen,” ujar Wiwiek yang saat ini menjabat Kepala Perwakilan BI Jawa Barat.

Komisi XI akan mengumumkan hasil uji kepatutan dan kelayakan calon Deputi Gubernur BI pada esok, Rabu (28/3). Kandidat yang terpilih akan menggantikan Perry Warjiyo yang ditunjuk sebagai calon tunggal Gubernur BI.

Uji kepatutan dan kelayakan terhadap Perry akan dilakukan pada esok hari pukul 10.00. Pengumuman hasil uji kepatutan dan kelayakan Perry pun kabarnya akan dilakukan di hari yang sama.

(Yanis)

Bagikan: