Warna Cerah Jadi Ciri Khas Batik Garutan



Beritainspiratif.com - Keindahan ragam corak serta memiliki kekhasan tersendiri menjadi salah satu daya tarik Batik Garutan.

Dilansir dari situs Inilah Garut, jauh sebelum masa kemerdekaan, Batik Garutan sudah berkembang di masyarakat, merupakan warisan nenek moyang yang berlangsung turun temurun.

Ciri khas Batik Garutan adalah pada motifnya yang umumnya menghadirkan ragam hias datar, dan bentuk-bentuk geometrik. Bentuk-bentuk geometrik ini mengarah secara diagonal, bentuk kawung, atau belah ketupat.

Ada pula motif-motif yang mengambil pola bentuk-bentuk flora dan fauna. Warna juga menjadi ciri khas Batik Garutan seperti warna cerah dan penuh pada sisi lainnya, didominasi warna dasar krem atau gading (gadingan), biru dan soga agak merah.

Motif-motif Batik Garutan memiliki nama khas antara lain Rereng Peuteuy, Rereng Kembang Corong, Rereng Merak Ngibing, Rereng Pacul, dan Limar. Selain itu, ada juga lereng adumanis, lereng suuk, lereng calung, lereng daun, cupat manggu, bilik, dan sapu jagat.

Jika anda tertarik ingin mencoba menggunakan kain Batik Garutan, silahkan berkunjung ke kota Garut.

Selain bisa membeli langsung dari pengrajin batik, anda bisa melihat cara pembuatan batik Tulis Garutan.

Kini Batik Tulisan Garutan sudah menembus pasar Internasional seperti Singapura, Belanda, Malaysia dan lain-lain. Harga per meter bervariasi antara 50- 300 ribu rupiah. Tentu dengan beragam pilihan jenis kain dan corak batik.(Kaka)

Foto : batiku.com

Berita Terkait