Warga Sekitar Klaster Institusi Pendidikan Kenegaraan Akan di Test Masif



Bandung, beritainspiratif.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, meminta Wali Kota Bandung Oded M Danial menggelar tes masif bagi warga sekitar institusi pendidikan kenegaraan di Kota Bandung setelah menjadi klaster penularan COVID-19.

"Kami sepakat dengan Pak Wali Kota Bandung. Pertama, pengetesan masif di lingkungan sekitar itu wajib, bukan pilihan. Karena di Sukabumi dulu, pelajarannya, tersebar juga ke wilayah sekitarnya, sehingga itu akan dilakukan Pak Wali Kota secepatnya," kata Emil usai bertemu Oded di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (10/7/2020).

“Kedua, saya sarankan di kawasan itu dan sekitarnya dilakukan PSBM secara ketat, yaitu Pembatasan Sosial Berskala Mikro. Jadi, jalan-jalan masuk akan ditutup, nanti yang boleh masuk hanya penghuni, kegiatan tersier dan sekunder itu selama 14 hari saya minta ditutup dulu untuk memastikan tidak ada kebocoran,” imbuhnya.

Baca Juga:Covid-19-pembelian-hewan-kurban-dihimbau-secara-online

Emil mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI bahwa klaster institusi pendidikan kenegaraan akan ditangani langsung oleh TNI AD. Maka, gugus tugas provinsi dan kota akan memfokuskan pelacakan dan tes masif di sekitar institusi tersebut.

“Saya juga sudah lapor ke Panglima TNI dan Pak Doni Monardo (Ketua GTPP COVID-19 nasional) dan sudah disepakati bahwa puluhan sekolah-sekolah vertikal itu akan dites masif untuk memastikan bahwa hal-hal seperti ini tidak terulang lagi,” tambahnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar akan meningkatkan kewaspadaan di institusi pendidikan kenegaraan. Apalagi, banyak institusi pendidikan kenegaraan yang siswanya berasal dari seluruh Indonesia di Jabar.

“Jawa Barat ini penuh dengan institusi pendidikan vertikal yang tidak dikelola oleh kota, provinsi, tapi langsung pengelolaannya adalah dari pusat,” kata Emil.

“Maka, dalam situasi COVID-19 ini, kedatangan siswa-siswa dari seluruh Indonesia di institusi vertikal, seringkali harus diwaspadai lebih mendalam,” imbuhnya.

Baca Juga:10-ruas-jalan-di-kota-bandung-diberlakukan-buka-tutup

Wali Kota Bandung Oded M Danial memastikan pihaknya siap menggelar tes masif bagi warga di sekitar institusi pendidikan kenegaraan itu. Ia pun telah menginstruksikan Gugus Tugas Kota Bandung untuk mengadakan tes dan penelusuran warga sekitar.

“Besok atau minggu ada pemeriksaan swab langsung, baru ada 28 orang yang sudah kami data yang siap untuk mengadakan pemeriksaan. Insyaallah tes nanti akan dilaksanakan di Balai Kota Bandung,” kata Oded. (Ida)

Berita Terkait