Warga Indramayu Bayar Biaya Pengobatan Pakai Sampah

Indramayu, Beritainspiratif.com – Membayar sesuatu tak selamanya menggunakan uang.

Barang yang tak layak pakai dan sudah dibuang pun dapat dijadikan pengganti uang untuk membayar. Itulah yang terjadi di Desa Sukareja Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Para Nasabah Bank Sampah Mulia Asri di desa ini, mereka menggunakan sampah untuk membayar biaya pengobatan ke bidan desa.

Menurut Ketua Bank Sampah Mulia Asri, Ujang S. Rohman, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan bidan desa sehingga para nasabah membayar biaya pengobatan bisa menggunakan sampah.

” Para nasabah Bank Sampah bisa membayar biaya pengobatan pakai sampah karena kami sudah bekerja sama dengan bidan desa,” kata Ujang di Indramayu, Minggu (29/4).

Menurutnya ke depan, direncanakan tidak hanya layanan kesehatan yang bisa dibantu melalui bank sampah, namun juga layanan pendidikan, pembayaran rekening listrik juga air dan layanan lainnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Indramayu, Aep Surahman mengatakan sampah memang seharusnya dikelola dengan baik, karena bisa sangat bermanfaat, begitu juga sebaliknya, apabila tidak dikelola, maka menjadi musibah.

“Sampah diharapkan bukan lagi menjadi masalah, tapi juga bisa menjadi berkah,” ujar Aep.

Aep berharap masyarakat dapat ikut serta meminimalkan timbulan sampah. Kabupaten Indramayu sendiri telah berkomitmen dengan program Indramayu Bebas Sampah Tahun 2020.

Upaya yang dilakukan antara lain dengan pengendalian sampah melalui pemilahan sampah,agar dapat bernilai ekonomis, untuk lebih memacu semangat, juga akan diadakan lomba antar desa berbasis Adipura.

Bank Sampah Mulia Asri adalah bank sampah binaan program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina RU VI yang mengolah sampah, khususnya sampah non organik.

Pertamina berkomitmen untuk berkontribusi maksimal bagi pembangunan bangsa, termasuk di Kabupaten Indramayu.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina RU VI Balongan, telah memberikan dampak langsung dan multiplier effect untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Indramayu dan sekitarnya. (Yones)

Bagikan: