Warga Desa Gegesik Kidul, Kabupaten Cirebon Terus Lestarikan Adat Mapag Sri

Cirebon,Beritainspiratif.com – Sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang melimpah, warga Desa Gegesik Kidul, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon menggelar acara adat mapag sri yang dilaksakan pekan silam.

Kuwu Desa Gegesik Kidul Rahmat menuturkan, prosesi mapag sri di antaranya melakukan do’a bersama guna mendoakan para leluhur di Balai Desa Gegesik Kidul. Setelah itu, prosesi pengambilan bibit padi dari pemerintah desa yang diserahkan melalui kelompok tani untuk dibagikan ke semua masyarakat Desa Gegesik Kidul.

“Iring-iringan menyambut Dewi Sri dengan mengambil bibit padi di sawah yang dibawa ke desa. Dari desa ada prosesi penyerahan dari kuwu ke masing-masing kelompok tani. Melalui kelompok tani kemudian diserahkan untuk semua masyarakat Gegesik Kidul,” ujar Rahmat, Senin (15/4/2019).

Masih dalam prosesi, mapag sri juga dihibur oleh pagelaran wayang pada siang dan malam harinya. Hal itu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberkahi Desa Gegesik Kidul melalui hasil panen padi yang melimpah.

“Masyarakat Gegesik Kidul 80 persennya petani. Alhamdulillah tahun sekarang hasilnya maksimal. Sehingga masyarakat melakukan tasyakuran atau bentuk rasa syukur hasil panen padi. Intinya bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah,” ungkapnya.

Sementara itu, Pangeran Patih, Kesultanan Kanoman, Cirebon Raja Muhammad Qodiran, yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan terimakasih kepada kepala desa dan semua unsur masyarakat, karena masih terus berupaya melestarikan budaya leluhur di Cirebon.

“Mapag sri adalah bagian dari rasa syukur hasil panen. Di mana Pak Kuwu sudah mengembalikan kecintaan terhadap budayanya,” tuturnya.

Pangeran Patih mengatakan, prosesi mapag sri merupakan bagian dari warisan leluhur yang diagendakan rutin setiap tahunnya. Dirinya berterimakasih karena Desa Gegesik Kidul telah mengembalikan dan kembali mengangkat kultur budayanya.

[Dekur]

Bagikan: