Warga Bandung Non DTKS Terdampak Covid-19, Akan Dapat Bantuan Sembako Presiden



Bandung, Beritainspiratif.com - Kota Bandung akan segera mendapat bantuan dari Presiden Joko Widodo berupa 10.000 paket sembako. Bantuan ini akan langsung disitribusikan kepada masyarakat terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan, bantuan presiden ini hanya ditujukan bagi empat kota. Selain Bandung, tiga kota lainnya yakni Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Rencananya, bantuan tersebut berisi 5 kilogram beras, 2 liter minyak, 2 kilogram gula pasir, dan teh.

“Jadi ada bantuan baru dari presiden. Namanya bantuan kemasyarakatan presiden hanya untuk empat kota masing-masing dapat 10.000 paket,” ungkap Yana usai mengikuti teleconference dengan Sekretariat Presiden, di Balai Kota Jalan Wastukencana Kota Bandung Senin (27/4/2020).

Menurutnya, untuk bantuan sembako ini dimungkinkan duplikasi dengan bantuan lain yang sudah ada sebelumnya. Namun, pihaknya akan menyalurkan bantuan kali ini kepada warga yang baru terdampak ekonominya karena Covid-19 dan tidak tertera dalam Data Terpadu Kesejahtaeraan Sosial (DTKS).

Untuk itu, Yana akan menyerahkan kepada aparat kewilayahan di tingkat RT dan RW untuk membuat skala prioritas bagi warga yang layak menerima bantuan, ia percaya RT dan RW paling memahami kondisi nyata di lapangan.

“Untuk Kota Bandung akan menggunakan datanya yang non DTKS, tapi nanti data ini diserahkan ke RT dan RW. Mereka kasih feedback ke kita mana yang layak menerima. Karena mereka yang lebih tahu,” jelasnya.

Menurut Yana, bantuan sembako dari presiden akan segera tiba di Kota Bandung pada pekan ini. Kemudian bantuan akan segera disalurkan melalui bulog kepada masyarakat yang sudah terkonfirmasi berhak menerima.

“Ini dikirim langsung ke gudang Bulog dari Jakarta. Insyaallah, 30 April atau 1 mei diterima. Selanjutnya dalam waktu 1-2 hari bisa langsung distribusi,” ujarnya.

(Mugni)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta