Walikota Bandung Resmikan ‘Cafe Walungan’ Pertama di Indonesia Ramah Lingkungan

Bandung, Beritainspiratif.com – Wali Kota Bandung Oded M Danial meresmikan Cafe Walungan yang terletak di RW 4 Jalan Pagarsih Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung, Sabtu (21/12/2019).

Sungai anak Citepus yang berada di wilayah tersebut, yang dulunya dikenal dengan kotor dan bau, kini airnya di sulap menjadi bersih dan jernih. dan untuk pertama kalinya di Indonesia, Kota Bandung akhirnya memiliki Cafe Walungan, yakni sebuah cafe yang hadir ditengah-tengah sungai atau walungan.

“Alhamdulillah kita meresmikan satu dari 41 sungai yang melintasi Kota Bandung yaitu sungai anak kali Citepus, dan kita resmikan  dengan nama ‘Cafe Walungan’,” ucap Oded.

Menurutnya, sungai ini berfungsi sebagai aliran dimana air bisa mengalir dengan baik dan natural. Untuk itu, sungai tersebut dipilih karena menjadi tempat pembuangan air, terlebih sungai ini sering terjadi banjir.

“Maka dari itu saya berharap dengan dibuat seperti ini, fungsi nya nanti bisa menjadi kolam retensi juga,” paparnya.

Ia berharap, dengan adanya Cafe Walungan tersebut bisa menjadi spirit bagi warga sekitar untuk membentuk karakter mereka berbudaya terutama budaya cinta lingkungan, budaya bersih lingkungan.

“Saya berharap tidak ada lagi yang membuang sampah ke sungai ini apalagi tinja,” tegasnya.

Lebih lanjut Oded mengatakan, peresmian Cafe Walungan itu menjadi semangat baru bagi masyarakat sekitarnya, untuk lebih semangat lagi menghadirkan lingkungan yang bersih dan itu yang terpenting, tuturnya.

Terlebih, Oded menambahkan, ujung-ujungnya dari pembangunan Cafe Walungan itu bukan hanya aspek keamanan dari banjir yang didapat, namun juga kenyamanan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat terutama maqom kebahagiaan didapat.

“Yang pasti saya minta kepada pak camat tolong kedepanya setiap infrastuktur yang sudah di bangun oleh Pemkot Bandung harus di jaga. Kalau banyak sampah dan tidak beres yang saya akan jewer itu pak Camat,” katanya.

Tidak hanya dikawasan Pagarsih, kalau memang ada yang memungkinkan untuk di pasang konsep serupa, pihaknya akan siap  memperbanyak Cafe Walungan.

“Saya kira nantinya akan diperbanyak, kalau tidak salah hampir 41 anak sungai yang melintasi Kota Bandung, semoga ada peluang yang sama. Semakin banyak Cafe Walungan seperti ini akan menjadi tempat yang baik juga yang bisa dinikmati oleh warga dengan cuma-cuma. Paling tidak nanti mungkin bentuknya berbeda biar tidak jenuh,” jelasnya.

Cafe Walungan sendiri di Indonesia menjadi satu-satunya dan pertama dibangun.

“Prinsipnya adalah dalam rangka mengatasi banjir, di samping drum pori jutaan ini akan kita di buat juga untuk kolam retensi (tempat parkir air) dan ini satu-satunya di Indonesia,” tuturnya.

Untuk itu, Oded mengimbau bagi warga RW 4 Pagarsih untuk menjaga dan merawat Cafe Walungan ini dengan baik.

“Ini harus di jaga di pelihara dengan baik karena ini cukup bagus. Dan ini kedepan lebih di tingkatkan lagi suasananya agar  lebih nyaman,” pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: