Walikota Bandung: Program Chickenisasi di SMPN 54 Rancanumpang, Berhasil



Bandung, Beritainspiratif.com - Program pembagian anak ayam (Chickenisasi) kepada pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) se-Kota Bandung membuahkan hasil cukup menggembirakan.

"Alhamdulillah hari ini mencoba untuk melihat perkembangan setelah siswa siswi diberikan day old chicken (DOC) dua bulan lalu, dan Alhamdulillah hasilnya cukup menggembirakan," ucap Wali Kota Bandung Oded M Danial saat mengunjungi SMP Negeri 54 di Jalan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage Kota Bandung, Jumat (31/1/2020).

Oded menilai, keberhasilan dilihat dari sisi perkembangan siswa-siswi selama memelihara anak ayam. Menurutnya, saat diberikan testimoni perkembangan mental dan karakter siswa tumbuh.

"Karena yang pertama dari sisi perkembangan anak-anak mengurus anak ayam ini, ternyata testimoni dari anak-anaknya luar biasa. Anak-anak setelah mengurus anak ayam ini muncul ada inovasinya seperti membuat kandang bagaimana, juga kolaborasinya antara mereka dengan teman-temannya jadi dekat dan akrab, itu bagus sekali,"ungkapnya.

Lebih lanjut Oded Mengatakan, hal positif pertama, adalah soal waktu luang yang tak lagi dihabiskan siswa untuk bermain gadget. Mereka kini, merasa memiliki tanggung jawab untuk merawat ayam peliharaannya.

"Waktu saya tanya kepada mereka (siswa), mereka mengaku sangat senang mengurus ayam bahkan sampai lupa dengan gadgetnya. Kalau pun dipergunakan, mereka bikin video, ini luar biasa," ucapnya.

Kebaikan ke dua, disebut dia adalah adanya perubahan sikap. Anak-anak kini, memiliki karakter lemah lembut. Hal lainnya adalah soal emosional kepada temannya yang lebih baik.

"Mudah-mudahan apa yang kita inginkan dari pendidikan karakter memberikan anak ayam ini bisa terpenuhi, dan ini diharapkan menjadi sesuatu hal yang baik untuk mereka," ucap Oded.

Untuk kedepanya, pihaknya akan tetap melanjutkan dan membagikan anak Ayam kepada para siswa yang belum mendapatkan kesempatan. Sebab, yang mendapat giliran akan berkesempatan sama.

"Untuk kedepannya mungkin kalau anak-anak yang sekarang udah dapat, nanti juga kita akan usahakan berikan lagi ke depan dan bahkan mungkin yang lainnya, anak-anak yang belum mendapatkan kesempatan juga mereka sudah banyak yang minta sekarang. Ini jadi hal yang baik saya kira,"jelasnya.

(Mugni)

Berita Terkait