Walikota Bandung Perankan Tokoh ‘Kang Pisman’ Dalam Film Senyum Sabyan

Bandung, Beritainspiratif.com – Film ‘Senyum Sabyan’ garapan rumah produksi Bioskop Rakyat (Biora) siap tayang di bioskop-bioskop tanah air pada tanggal 22 Januari mendatang. Film tersebut mengangkat tentang isu lingkungan tersebut, Wali Kota Bandung, Oded. M. Danial juga hadir sebagai aktor yang memerankan sosok Kang Pisman.

Tidak diduga, ternyata Oded mengaku dalam proses syuting hanya ‘one take’ dan langsung bisa.

“Kalau ditanya bagaimana perasaan, tegang juga. Tapi bisa ternyata dan sekaligus take,” ujarnya di Balai Kota Bandung, usai menghadiri acara audiensi dengan para penggarap film Senyum Sabyan, Kamis (09/01/2020).

Pihaknya mengaku, siap kembali berakting dan terjun di dunia perfilman Indonesia.

“Kalau filmnya untuk pendidikan saya mau lah main film lagi. Tahun 2020 katanya ada lagi tentang penghijauan, kita lihat saja nanti,” ucap Oded.

Oded berharap, film tersebut tidak hanya di putar di bioskop tapi juga di ke wilayahan, pasalnya terdapat edukasi kepada anak anak sekolah.

“Bahkan saya berharap semua elemen bisa nonton film ini, tidak hanya diputar di bioskop saja, tetapi ditayangkan juga di wilayah. Yang jelas ini harus sampai ke masyarakat karena tujuannya edukasi,” jelasnya.

Sementara itu, sutradara film ‘Senyum Sabyan’ TJ. R. Natadijaya menjelaskan, Oded memerankan sosok seorang Kepala Sekolah yang bernama Kang Pisman.

“Dalam perannya, Mang Oded menjelaskan tentang bagaimana memelihara lingkungan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Kang Pisman sendiri sebetulnya merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan sampah (Kang Pisman). Nah, lewat film ini Kang Pisman hadir sebagai figur,” jelasnya.

Menurutnya, proses syuting menghabiskan waktu sekitar 10 hari. Sedangkan untuk lokasi syuting ada di empat tempat yakni Bank Sampah, SDN Cicabe dan RS Ibu dan Anak AL Islam di Cicadas.

“Alhasil, kami berharap film Senyum Sabyan ini bisa menyampaikan berbagai pesan positif untuk masyarakat luas, khususnya anak-anak untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sejak kecil. Bukan hanya itu, film ini bisa mencapai satu juta penonton dan memiliki konten edukasi yang tinggi,”ungkapnya.

Sutradara yang akrab dengan sapaan Kiki ini juga mengatakan, untuk produksi film dari Bioskop Rakyat memang selalu mengusung tema edukasi.

“Dan film ini merupakan film ke-7. Sebelumnya kami sudah buat serupa di Sukabumi, Cianjur, Cirebon, KBB, Cimahi, sama Tasikmalaya,” pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: