Walikota Bandung: Kawasan Cikapundung Barat Bakal Dijadikan Wisata Kuliner Malam Hari



Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial melakukan peresmian penataan 104 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Cikapundung Barat Kota Bandung Sabtu (25/1/2020). Penataan tersebut dilakukan melalui kerjasama antara Pemerintah Kota Bandung dengan PT Tirta Investama (Danone Aqua) yang ditandai dengan penandatangan prasasti.

Peresmian atas Penataan 104 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di Kawasan Cikapundung Barat tersebut dilakukan ditengah guyuran hujan. Namun demikian pengunjung di PKL yang ada dikawasan tersebut tetap ramai dengan pembeli.

PKL yang berada dilokasi tersebut menjajakan beraneka makanan mulai dari soto Jakarta, susu murni, martabak, surabi,  Sate padang, makanan Jepang, dan aneka makanan lainnya.

Hadir dalam acara peresmian tersebut Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana selaku Ketua Satgasus PKL Kota Bandung, serta Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Kepala Dinas Perhubungan E.M. Ricky Gustiadi dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dewi Kaniasari.

Oded menyampaikan rasa syukurnya atas selesainya penataan PKL di Cikapundung Barat ini, dan akan berlanjut ke lokasi lainnya.

"Penataan PKL akan terus kita laksanakan. Alhamdulillah setelah cicadas sukses, sekarang Cikapundung Barat. Nanti akan ditata juga di tempat-tempat lain," ungkap Oded.

Mengingat masyarakat pengunjung yang hadir dikawasan tersebut sangat tinggi sekali, Oded berencana akan menutup jalan Cikapundung Barat di waktu malam hari, dan nantinya kawasan tersebut akan dikhususkan sebagai kawasan wisata kuliner malam hari.

"Kita akan koordinasikan dengan kepolisian. Apakah Jalan Cikapundung Barat pada Sabtu malam pukul 19.00-24.00 WIB bisa ditutup?" ujarnya.

Oded berpesan kepada para PKL yang berjualan di kawasan tersebut,  agar tetap merawat lingkungan. Fasilitas yang sudah diberikan harus dijaga.

Oded pun menginginkan agar para pedagang bersikap sopan dan beretika kepada pembeli, agar para wisatawan dan pembeli merasa nyaman, sehingga  pendapatan asli daerah Kota Bandung di sektor pariwisata akan meningkat.

"Setelah ditata, tolong jaga kebersihan dan ketertiban. Jaga etika agar warga yang memerlukan makanan minuman dan semua urusan kuliner bisa merasa nyaman di Cikapundung Barat ini," pesan Oded.

Dikesempatan yang sama, Channel and Category Director Danone-AQUA, Ruli Tobing menyampaikan bahwa Teras Kuliner Cikapundung Barat ini dilengkapi dengan banyak tempat sampah dan dropbox untuk daur ulang botol plastik. Sehingga akan  membantu pedagang dan pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan.

"Kita sudah sediakan tempat sampah di Teras Kuliner ini. Jadi tidak perlu membuang sampah ke sungai. Sehingga, baik pedagang maupun pengunjung dapat ikut serta melestarikan lingkungan ini,” ungkap Ruli Tobing.

Yanis

Berita Terkait