Walikota Bandung Harapkan TPS Terpadu di Pendopo Jadi Miniatur Untuk Wilayah Lain

Bandung, Beritainspiratif.com РDi Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Wali Kota Bandung Oded M Danial Luncurkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Pendopo Dalem Kaum Kota Bandung.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kepala Dinas Kebersihan dan lingkungan Hidup (DLHK) Kota Bandung Serta Jajaran Pemerintah lainnya.

“Di hari peringatan sampah nasional, Mang Oded resmikan pengolahan sampah pojok Kang Pisman pendopo. Di Pendopo ini dengan beberapa alat pengolahan sampah, baik sampah organik dan anorganik di Pendopo, maka sampah sudah tidak dibuang lagi ke TPS luar,”ucapnya di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung Jumat (21/2/2020).

Oded mengatakan, TPST pendopo memiliki tempat pengolahan sampah terlengkap. Metode termudah adalah penampung sampah organik seperti Lodong Sesa Sapur (Loseda).

“Saya berharap TPST Pendopo ini menjadi miniatur untuk wilayah lain di Kota Bandung. Dengan begitu masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga sampah dan semua persoalan bisa selesai dari sumbernya,”jelasnya.

Selain itu, di TPST Pendopo juga dihadirkan  metode magot. Menurutnya, ia sengaja membuat miniatur TPST dan berharap warga Bandung mengikutinya.

“TPST Pendopo ini terbuka untuk siapapun dan warga boleh belajar langsung. Malahan, sekarang sudah banyak ketua RW datang kesini,”ucapnya.

Lebih lanjut Oded mengatakan, Peresmian TPST Pendopo bukan lantaran Tempat Pembuangan Sampah (TPA ) Sarimukti akan berakhir Namun, bagaimana bisa mengolah sampah dirumah tanpa harus lewat TPS.

“Kalau masih polanya dari RW diangkut ke TPS lalu ke TPA itu hanya memindahkan masalah. Dan miniatur ini sangat bisa diaplikasikan dirumah, sehingga tidak ada alasan masih membuang sampah ke TPS,”pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: