Waktu Tidur Yang Dianjurkan

Bandung, Beritainspiratif.com – Tahukah anda, tidur dalam Islam bisa bernilai pahala asalkan dikerjakan pada waktu-waktu yang memang dianjurkan.

Pemilihan waktu tidur yang tepat juga akan dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, tidur pada waktu yang dilarang dapat mendatangkan keburukan terutama bagi kesehatan dan rezeki.

Waktu tidur yang bernilai pahala, sebagaimana dianjurkan menurut pandangan Islam adalah Tidur di Pertengahan Siang atau Qailulah

Tidur pada pertengahan siang atau qailulah termasuk tidur yang dianjurkan. Tidur di sini tidak harus tidur secara sunguh-sungguh, tapi bisa saja beristirahat untuk memejamkan mata sejenak dari penatnya rutinitas harian.

Tidur ini bisa dilakukan 20-30 menit sebelum Zuhur atau sesudahnya. Manfaat tidur pada waktu ini sangat banyak, diantaranya meredakan stres, meningkatkan daya ingat, mencegah penyakit jantung dan meningkatkan produktivitas.

Rasulullah SAW bersabda, ” Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang. (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 1637: isnadnya shahih)

UYanis
Berbagai sumber

Bagikan: