Wagub Pastikan Jawa Barat Siaga Soal Bencana



Bandung, Beritainspiratif.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengajak seluruh masyarakat Jabar, waspada terhadap kebencanaan. Pasalnya, wilayah Jabar memang dianggap rawan bencana karena kondisi geografisnya.

"Beberapa tempat khususnya wilayah Jawa Barat bagian selatan, rawan bencana. Ada juga bencana yang di wilayah utara," kata Uu dalam acara Temu Pimpinan untuk Aspirasi Masyarakat (Tepas) di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Jumat (27/12/2019).

"Memang Jawa Barat kalau dihitung (dibandingkan) dengan provinsi lain, frekuensi bencananya lebih banyak. Oleh karena itu untuk kesiapsiagaan, kami Insyaallah hari ini sudah maksimal dengan rapat koordinasi beberapa kali," tambah Uu.

Uu pun menegaskan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar melalui dinas terkait, serta organisasi masyarakat hingga TNI/ Polri, telah siaga bertindak terhadap tanggap darurat kebencanaan.

"Ini (ibarat) sedia payung sebelum hujan, karena pemerintah harus siap siaga bencana," katanya.

Uu mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengundang bencana, termasuk dengan melakukan upaya preventif seperti tidak menebang pohon sembarangan, tidak membangun rumah di tempat-tempat yang rawan, serta tidak membuang sampah sembarangan.

"Kami yakin masyarakat juga sudah paham, (punya) tingkat kesadaran untuk menaati apa yang diharuskan," ujar Uu.

Uu menyarankan masyarakat segera melapor kepada pihak berwajib, bila menemukan kegiatan ilegal yang melanggar hukum sekaligus membahayakan lingkungan.

(Ida)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta