Wagub Jabar dan Duta Promosi Shizuoka 'Shohei Matsunaga' Ikuti Penalty Kick



Bandung, Beritainspiratif.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengikuti acara Penalty Kick bersama Shohei Matsunaga dan Akademi  PERSIB U-15 dalam rangka opening ceremony SINCE WE: Meet Shizuoka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (17/12/2020). 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Coaching Clinic oleh mantan gelandang andalan PERSIB, Shohei Matsunaga. Kelas pelatihan online bagi Akademi PERSIB U-15 yang dipantau secara virtual oleh Shohei Matsunaga ini terdiri dari dribbling, shooting, passing, hingga control. 

Adapun Coaching Clinic dilakukan mengingat Shohei Matsunaga merupakan mantan pemain Persib dan kini baru saja didapuk sebagai Duta Promosi Shizuoka dan Duta Persahabatan Jawa Barat-Shizuoka. 

Baca Juga:414-guru-lulus-seleksi-pemberkasan-calon-kepala-sekolah-sma-di-jabar

Secara keseluruhan, Kang Uu mengapresiasi hubungan persahabatan Sister Province atau Provinsi Bersaudara antara Provinsi Jawa Barat dan Prefektur Shizouka di Jepang. 

Kerja sama dengan Jepang khususnya Prefektur Shizuoka juga diharapkan bisa menghadirkan transfer pengetahuan dan teknologi bagi warga Jabar. 

"Harapan saya tetap sesuai dengan tujuan saling menguntungkan. Jawa Barat diuntungkan dengan kerja sama ini, minimal ada teknologi-teknologi Jepang yang bisa diterapkan," ucap Kang Uu. 

"Kemudian juga minimal produk-produk kita juga bisa dijual di sana dan juga wisatawan-wisatawan dari Jepang (setelah pandemi) bisa datang ke Jawa Barat, begitu juga sebaliknya. Artinya saling menguntungkan satu sama lain," ujarnya. 

Kang Uu pun berharap, kerja sama yang sudah terjalin selama tiga tahun sejak 2017 mampu menguntungkan kedua provinsi, baik di bidang ekonomi, pendidikan, pariwisata, hingga investasi, termasuk terkait Rebana Metropolitan. 

"Rebana Metropolitan ini adalah salah satu tempat untuk meningkatkan ekonomi di wilayah Jawa Barat bagian timur-utara," kata Kang Uu. 

"Tapi hakikatnya, kerja sama bukan hanya untuk wilayah Timur Utara saja tapi seluruh Jawa Barat karena ada potensi-potensi agar ekonomi lebih berkembang lagi," tambahnya. 

Kang Uu pun berujar, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar akan terus menggenjot konektivitas di Jawa Barat didukung juga dengan pembangunan infrastruktur oleh pemerintah pusat, termasuk Pelabuhan Patimban --yang akan menjadi pelabuhan tercanggih dan terbesar di Indonesia-- yang masuk dalam kawasan Rebana Metropolitan. 

Selain itu, Rebana Metropolitan meliputi tujuh daerah di Jawa Barat diproyeksi menghadirkan 4,3 juta lapangan pekerjaan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat hingga 5 persen di 2030. 

"Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jawa Barat di masa depan melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan," kata Kang Uu. 

Dalam rangkaian SINCE WE: Meet Shizuoka, Pemda Provinsi Jabar juga memperkenalkan "Shizuoka Desk" yakni program layanan bantuan prainvestasi dan pascainvestasi bagi investor asal Prefektur Shizuoka yang beroperasi di Provinsi Jawa Barat. 

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama (PMKS) Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, Dodit Ardian Pancapana, dalam sambutannya mengatakan, hubungan persahabatan Jawa Barat dan Shizuoka lebih dari sekadar status Sister Province, tapi juga menyatukan harapan dan kecintaan terhadap alam, budaya, dan pembangunan Sumber Daya Manusia. 

"Alam Jawa Barat menawarkan gunung dan sumber air panasnya hingga pantai. 1.469 objek wisata alam dan situs kebudayaan, 19 gunung, 40 air terjun dan hutan," kata Dodit. 

"Di Prefektur Shizuoka, juga berdiri dengan kukuh Gunung Fuji. Gubernur kami, Ridwan Kamil, juga mencintai keindahan Gunung Fuji dan melukisnya untuk diberikan kepada Gubernur Prefektur Shizuoka Mr. Kawakatsu Heita," tambahnya. 

Selain itu, lanjut Dodit, Prefektur Shizuoka dikenal dengan panorama bunga Sakura dan produksi teh hijau. 

"Provinsi Jabar pun memiliki komoditas unggul seperti teh, kopi, hingga rempah-rempah. Bahkan, Jabar menyumbang 70 persen produksi teh di Indonesia," ujar Dodit. 

"Untuk itu, sebagai sister province, Jabar-Shizuoka memiliki semangat dan keunggulan yang sama dalam mengeksplorasi kekayaan alamnya, baik untuk ekonomi maupun kebahagiaan," katanya. 

Untuk diketahui, SINCE WE atau singkatan dari Sister Province Week merupakan event spesial berseri yang diselenggarakan oleh Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Biro PMKS Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat guna memperingati kerja sama yang dimiliki dengan mitra pemerintah daerah di luar negeri. 

SINCE WE: Meet Shizuoka menjadi seri pertama dari event SINCE WE dan terdiri dari 8 kegiatan yang akan diselenggarakan selama 2 hari pada 17-18 Desember 2020. 

Delapan rangkaian acara tersebut yaitu:

1. Business Expo & Webinar

2. Education Fair

3. Coaching Clinic bersama Shohei Matsunaga

4. UNESCO Global Geopark Webinar

5. Lomba Menggambar dan Mewarnai Gunung Fuji

6. Kompetisi Karate Kata

7. Kompetisi Animasi

8. Pengumuman "Working in Shizuoka" Job Fair.

(Ida)

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Pelayanan Umroh Terbaik dari PT. Albadriyah Wisata

3. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

4. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait