Wadahi Pegiat Seni Kota Bandung, Wali Kota Resmikan Teras Sunda Cibiru

Bandung, Beritainspiratif.com – Wali Kota Bandung, Oded M Danial meresmikan gedung pusat kesenian Teras Sunda Cibiru di Jalan AH Nasution, Kota Bandung pada Rabu (31/10/2018). Gedung ini diharapkan mampu mewadahi minat masyarakat Bandung dalam berkesenian.

Mang Oded, sapaan akrabnya mengatakan, Teras Sunda Cibiru terbentuk atas aspirasi masyarakat Kota Bandung dan kolaborasi bersama Pemerintah Kota Bandung.

“Tanah ini merupakan tanah yang dulunya tugu pahlawan hasil kolaborasi antara kebijakan regulasi Kota Bandung dengan masyarakat di Bandung Timur khususnya Cipadung dengan perjalanan yang panjang, alhamdulillah (Teras Sunda Cibiru) hari ini sudah terwujud,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewikaniasari mengatakan pembangunan tersebut menelan dana sebesar 7,9 Milyar

“Total anggaran itu sampai 7,9 Milyar Rupiah dari APBD Kota Bandung, belum termasuk interior, kita usulkan untuk di 2019 mudah mudahan ada (untuk interior), bisa diakomodir anggarannya.” ungkapnya saat ditemuii Beritainspiratif.com selepas peresmian.

Terkait fasilitas, pihaknya menambahkan, di Teras Sunda Cibiru terdapat berbagai item yang menunjang kegiatan seni itu sendiri.
“Ini ada rumah seniman, ruang workshop, ada aula juga untuk pagelaran,” jelasnya.

Selain itu, berdasarkan pantauan dilokasi, juga terdapat fasilitas penunjang lainya meliputi taman, kantin, parkir basement, pos keamanan, toilet dan mushola.

Berdiri diatas tanah seluas 5.700 meter persegi, nantinya Teras Sunda Cibiru boleh digunakan masyarakat dengan mengikuti sejumlah prosedur.

Menurut, Kepala Bidang Produk Seni dan Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Sigit Iskandar, penggunaan Teras Sunda Cibiru diutamakan bagi warga Bandung terlebih dahulu.

“Tentu bisa digunakan seluruh masyarakat, secara gratis, ada prosedur yang harus ditempuh, salah satunya tentu yang akan menggunakan harus seniman, kegiatan yang dilakukan harus kesenian, kita dahulukan warga Bandung terlebih dahulu,” jelasnya.

Pada peresmian yang ditandai dengan penabuhanan gong oleh Wali Kota Bandung tersebut, diserahkan juga sejumlah penghargaan pada tokoh-tokoh di Kecamatan Cibiru, yakni Kolonel Purnawirawan Resa Atmadja, Bapak Anang R, Bapak Daday Hidayat, serta seluruh ketua RW se – Kelurahan Cipadung.       (Tito)

Bagikan: