Viral Flashmob Tarian Klasik Keraton Yogyakarta ‘Beksan Wanara’ di Ksatrian AAU Yogyakarta

Beritainspiratif.com – Sebuah video flashmob TNI AU yang sedang menari Beksan Wanara di Ksatrian AAU di Yogyakarta beredar media sosial Twitter. Dalam Flashmob tersebut tarian dibawakan oleh TNI AU di Ksatrian AAU Yogyakarta.

Dengan menggunakan seragam berbeda dari uniform yang dimiliki TNI AU, militer maupun PNS tampak kompak memperagakan bersama tari Beksan Wanara. Di akhir video tersebut menunjukkan kegembiraan para prajurit yang telah berhasil membawakan tarian beksan wanara dengan lancar, yang terpancar dari ekspresi wajah mereka.

Video tersebut diunggah oleh akun bernama Agung Raditya (@Dhewagung) pada 15 Januari 2020 pada pukul 20.50 WIB. Hingga saat ini, Minggu, 19 Januari 2019 video tersebut ditonton sebanyak 54.000, disukai 1.658, dan dibagikan 6634 kali oleh warganet.

Penjelasan TNI AU

Kepala Penerangan Akademi Angkatan Udara Mayor Sus Sendang Arum Mahardani mengatakan, flashmob tari tersebut dilakukan di Ksatrian Akademi Angkatan Udara ( AAU), Yogyakarta. Sementara tari yang diperagakan adalah Tari Beksan Wanara.

Sendang mengatakan, flashmob tersebut bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan budaya luhur nusantara.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga dan mempertahankan budaya luhur Nusantara terutama seni budaya Keraton Yogyakarta, karena secara geografis AAU terletak di wilayah Yogyakarta yang syarat akan kebudayaannya,” kata Sendang, Jumat (17/1/2020) yang dilansir Kompas.com.

Menurutnya, seluruh peserta flashmob berasal dari seluruh personel AAU, baik militer maupun PNS. Bahkan para taruna tingkat II, III dan IV pun ikut menyemarakkan “tari kethekan” ini.

Sendang mengatakan, flashmob Beksan Wanara ini juga ditampilkan di hadapan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Senin (6/1/2020) saat acara pembekalan kepada para taruna AAU. Adanya flashmob ini juga disambut baik oleh seluruh personel.

“Ajakan menari bersama-sama oleh Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso ini sangat disambut baik oleh seluruh personel dan para Taruna AAU,” kata dia. 

Tari Beksan Wanara Tari Beksan Wanara merupakan tarian klasik yang berasal dari Keraton Yogyakarta. Tarian ini dinamakan juga dengan tari Kethekan.

Beksan dalam bahasa Jawa berarti tarian, sedangkan Wanara dalam bahasa Sansekerta berarti manusia berekor monyet.

Tari tersebut bercerita tentang perang tanding antara Sugriwa dan Subali pada cerita Ramayana. Keduanya bertarung di depan Gua Kiskendo karena adanya kesalahpahaman.***

Bagikan: