Viral, Aplikasi Pengubah Wajah FaceApp, Beginilah Caranya



Beritainspiratif.com - Masih ingatkah wajah kita diwaktu muda, bahkan ingin kita kelihatan muda terus atau bisa jadi bagaimanakah wajah kita jika sudah tua nanti?

Saat ini tengah viral tantangan #AgeChallenge di media social, netizen mengubah wajah mereka menjadi tua ataupun muda kembali. Kok Bisa?

Dengan bantuan teknologi dan aplikasi kita bisa memanipulasi penampilan kita, bisa menjadi lebih tua/muda, bisa berubah gender, penampilan rambut, make up bahkan bisa berada di lokasi tertentu, dengan menggunakan aplikasi yang bernama FaceApp.

FaceApp merupakan sebuah aplikasi mobile untuk Android dan iOS yang dikembangkan oleh Wireless Lab.

Dilansir dari Kompas.com yang dikutip dari BBC, (17/7/2019), FaceApp merupakan filter yang berfungsi untuk mengubah wajah-wajah dari satu etnis menjadi yang lain. Fitur ini juga dapat memicu reaksi dan dengan cepat dipergunakan.

Aplikasi ini dibuat dengan maksud untuk mengubah wajah dengan bantuan kecerdasan buatan (AI).

Algoritma mengambil gambar input wajah Anda dan menyesuaikannnya berdasarkan tampilan lain.

Hal inilah yang dapat mengubah ekspresi kosong atau pemarah dari seseorang menjadi ekspresi bahagia. Bahkan, aplikasi ini dapat mengubah gaya make up seseorang.

Sistim Pengenalan Wajah

Tindakan ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan senyum bergigi, misalnya sambil menyesuaikan garis di sekitar mulut, dagu, dan pipi untuk tampilan yang alami.

Meski begitu, bagaimana dengan sistem pengenalan wajah?

Orang lain berspekulasi bahwa FaceApp dapat menggunakan data yang dikumpulkan dari foto pengguna untuk melatih algoritma pengenalan wajah.

Tindakan ini dapat dilakukan bahkan setelah foto itu dihapus karena pengukuran fitur pada wajah seseorang dapat diekstraksi dan digunakan untuk tujuan tersebut.

"Tidak, kami tidak menggunakan foto untuk pelatihan pengenalan wajah,. Hanya untuk mengedit foto," ujar Kepala Eksekutif Perusahaan FaceApp, Yaroslav Goncharov kepada BBC.

Sementara itu, Yaroslav Goncharov menyampaikan, persyaratan dalam kebijakan privasi FaceApp adalah generik.

Ia menambahkan, perusahaan tidak membagikan data apa pun untuk tujuan penargetan iklan.

Adapun perusahaan FaceApp menghasilkan uang melalui langganan berbayar untuk fitur premium.

Terkait adanya isu pencurian data, Goncharov mengatakan bahwa FaceApp hanya mengunggah foto yang dipilih oleh pengguna untuk diedit.

"Kami tidak pernah menstransfer gambar lain," ujar dia.

"Kami mungkin menyimpan foto yang diunggah di-cloud. Alasan utama untuk itu adalah kinerja dan lalu lintas. Kami ingin memastikan bahwa pengguna tidak mengunggah foto berulang kali untuk setiap operasi pengeditan," lanjut dia.

Goncharov mengatakan, sebagian besar foto dihapus dari server kami dalam waktu 48 jam sejak tanggal pengunggahan.

"Persyaratan FaceApp memungkinkan perusahaan untuk melakukan secara efektif apa yang mereka sukai dengan foto-foto pengguna mereka, yang mengkhawatirkan tetap cukup khas," ujar Murdoch.

Sebelum FaceApp

Sesudah FaceApp

Cara Instal FaceApp

Berdasarkan uji coba yang kami lakukan pada aplikasi tersebut, Jum’at (29/5/2020), berikut tahapan install dan cara menggunakan aplikasi FaceApp:

1. Unduh dan pasang FaceApp.

Untuk iOS masuklah ke laman App Store, sementara Android, masuk  ke Play Store, lalu install FaceApp.

2. Buka aplikasi FaceApp.

Setelah selesai, buka aplikasi FaceApp dan edit wajah dari foto selfie atau dari foto anda yang tersimpan.

3. Ambil foto.

Klik foto yang dipilih selanjutnya FaceApp akan memprosesnya.

4. Mulai edit foto wajah tua.

Pada laman Editor, kamu tinggal memberikan sentuhan efek lewat menu slider yang berada di bagian bawah. Untuk edit wajah tua, pilih menu Usia > Tua.

Tunggu beberapa saat dan ketuk Terapkan untuk mulai memasang filter.

5. Simpan hasil editan.

Jika kamu hendak menyimpan ke dalam galeri, tinggal ketuk ikon Download yang ada di pojok kanan atas. Maka otomatis foto akan tersimpan ke dalam galeri kamu.

Kamu juga bisa membagikannya ke platform lain, seperti Instagram, Facebook, maupun Twitter.

Selamat mencoba!

Berita Terkait