Usia 50 Tahun Keatas Dianjurkan Banyak Minum Susu, Kenapa?



Beritainspiratif.com-Harvard School of Public Health menyarankan orang dewasa di atas 50 tahun untuk mengonsumsi susu secara rutin.

Bahkan menurut National Academy of Sciences, sebaiknya mereka mengonsumsi 1.200 miligram susu per hari.  Pentingnya susu bagi orang tua bukan semata-mata untuk menjaga keutuhan tulang mereka.

Yang lebih penting untuk memenuhi kebutuhan protein agar massa otot mereka tetap sehat dan terlindungi dari sarkopenia (berkurangnya massa dan kekuatan otot).

Merujuk ke American Society for Bone and Mineral Research pada 2015, menurunnya massa otot membuat kekuatan dan mobilitas orang tua berkurang cukup drastis. Ketika itu terjadi, risiko orang tua terjatuh maupun patah tulang pun semakin meningkat.

Asupan protein bisa mereka peroleh dari daging, telur, juga susu.

Selain protein, susu juga mengandung nutrisi lain, seperti: 1. Kalsium Kalsium diperlukan untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang.

Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan, orang dewasa yang tidak lagi muda memerlukan asupan kalsium 1000 mg per hari. Bila mereka tidak memperoleh cukup kalsium, proses pengeroposan terjadi lebih cepat daripada pembangunan kembali.

Apalagi bila orang tua telah kekurangan kalsium selama bertahun-tahun, pengeroposan tulang atau osteoporosis pun terjadi dengan lebih cepat. Karena itu, penting bagi mereka mengonsumsi susu.

2. Vitamin D Vitamin D membantu mendukung sistem kekebalan, juga membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Menurut University of Florida IFAS Extension, orang dewasa di atas 50 tahun membutuhkan 15 mcg vitamin D per hari.

Sementara satu cangkir susu mengandung 2,5 mcg vitamin D. 3. Lemak tidak jenuh Lemak tidak jenuh atau lemak baik juga terkandung dalam susu rendah lemak.

Bagi tubuh, lemak tidak jenuh berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Selain itu, susu juga bisa menjadi sumber protein, lemak baik, kalsium, serat, serta vitamin, seperti vitamin D. Seperti Ensure dengan 1 kkal/mL, menghasilkan energi 230 kkal per saji. (Dudy)

Foto : Berrykitchen.com

Berita Terkait