Usia 15 Tahun Bhagas Nakshatrasakti Catat Mahasiswa Termuda UGM Tahun 2019

Yogyakarta, Beritainspiratif.com – Bhagas Nakshatrasakti kelahiran Jakarta 23 Oktober 2003 yang saat ini berusia 15 tahun tercatat sebagai mahasiswa termuda UGM tahun 2019. seperti dilansir laman resmi UGM, Sabtu (3/8/2019).

Diceritakan bahwa di usia 5 tahun, Bhagas masuk sekolah dasar (SD). Saat duduk di kelas IV, ia ditawari mengikuti program akselerasi. Ia pun masuk program akselesarsi sampai berlanjut ke bangku sekolah menengah pertama (SMP). Setelah lulus SMP, Bhagas memutuskan untuk melanjutkan ke SMA Al Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Namun ia tidak meneruskan akselerasi. Keputusanya ini karena dirinya ingin merasakan sekolah reguler.

“Saya bertekad untuk tidak masuk akselerasi lagi. Jadi SMA saya tempuh selama tiga tahun, ya kalau akselerasi mungkin masuk perguruan tinggi usia saya 14 tahun,” ujar Bhagas.

Bhagas mengungkapkan bahwa dia sempat mengikuti berbagai lomba, seperti kompetisi matematika dan lain-lain. Saat di bangku SMA, ia mulai mengikuti misi budaya dan sering pentas di luar negeri.

“Saya sering pentas keluar negeri saat kelas X dan XI SMA, pentas memainkan alat musik perkusi,” ungkap dia.

Lulus SMA, Bhagas memilih kuliah di UGM. Ia masuk ke International Undergraduate Program UGM, Fakultas Biologi.

“Biologi itu hal yang mendalami kehidupan dan membahas soal-soal dasar dari kehidupan tersebut,” ujar dia.

Diakuinya, kuliah di Program IUP merupakan keinginanya yang sudah lama. Ia ingin kuliah dengan atmosfer internasional, belajar dengan bahasa inggris dan merasakan pengajaran langsung dari beberapa pengajar asing.

Persaingan dunia international kedepan akan lebih ketat. “Kedepan persaingan itu di dunia internasional, dan program-program seperti itu sangat diperlukan saat ini. Memang ingin masuk IUP,” ujar dia.

Anak pasangan Raski Pungkasari dan Bayu Wisanto Gunawan Notomo ini menuturkan, bercita-cita menjadi seorang biotek engineering dan memiliki perusahaan sendiri. Meski berusia lebih muda, namun Bhagas mengaku tidak pernah merasa canggung. Ia tetap akan bergaul seperti biasa dengan teman-temannya.

“Giat belajar dan tetap have fun dengan teman-teman kuliah,” pungkasnya. (Yanis)

Bagikan: