Usai Lebaran, Sajikan 7 Makanan Ini Agar Tidak Bosan 

Beritainspiratif.com – Momen Idul Fitri yang hanya setahun sekali ini menjadi ajang bersilaturahmi dengan sanak famili. Tetangga dan kolega juga sering bertamu ke rumah, baik pada saat lebaran maupun sesudahnya. Oleh karena itu, masing-masing keluarga akan membuat masakan khas Lebaran yang akan disajikan kepada tamu yang datang.

Tapiusai lebaran terkadang kita bosan juga dengan menu Lebaran yang biasanya bersantan. Hampir setiap rumah akan menemui masakan bersantan seperti lontong opor, ketupat sayur, dan rendang. Padahal masih banyak sajian lain yang bisa dihidangkan. Apa aja sih ragam makanan yang tidak bersantan?

Tujuh makanan ini bisa jadi referensi kamu untuk sajian, yang dikutip yukepo.com

1. Soto Ayam
Makanan yang satu ini bisa menjadi salah satu sajian yang dihidangkan setelah Lebaran. Soto ayam yang segar bisa jadi hidangan pilihan selain opor ayam dan ketupat sayur yang bersantan. Dilengkapi dengan jeruk nipis dan sambal, soto ayam nggak kalah nikmatnya sama opor ayam kok.

2. Pempek Palembang
Pempek Palembang bisa dijadikan salah satu hidangan selain opor. Makanan yang berasal dari ikan tengiri ini bisa menjadi alternatif masakan yang tidak berbahan baku ayam.

3. Rawon
Makanan asal Jawa Timur ini juga bisa dijadikan alternatif makanan olahan daging yang tidak bersantan. Dipadukan dengan nasi dan kerupuk membuat sajian ini semakin nikmat dimakan saat berkumpul bersama saudara.

4. Bakso
Makanan berkuah yang satu ini akan menjadi favorit usai lebaran. Hidangan yang berisi bakso, mie, dan bahan pelengkap lainnya ini akan terasa menyegarkan setelah seharian lelah berkeliling ke tetangga. Kuah kaldunya yang nikmat dan baksonya yang gurih akan sangat cocok dimakan bersama keluarga di rumah.

5. Ayam Bakar
Ayam bakar akan menjadi salah satu sajian alternatif untuk para tamu. Menu yang satu ini bisa disajikan di atas meja makan dengan dihiasi berbagai lalapan sebagai pelengkap. Ayam bakar bisa disajikan dalam keadaan utuh atau berupa potongan kecil yang mudah diambil.

6. Semur Ayam
Rasanya yang lezat dan manis membuat semur ayam dapat dinikmati oleh semua orang. Jika ingin merasakan sensasi pedas, kamu bisa menambahkan sambal terasi agar lebih mantap.

7. Sate Ayam
Makanan yang satu ini pasti akan jadi favorit semua orang. Selain untuk opor, lontong juga bisa dipadukan dengan sate ayam yang sangat lezat. Agar menambah keakraban dan rasa kebersamaan, bisa juga kamu sekeluarga memasak sate bersama-sama di belakang rumah sambil bercengkarama dengan sanak saudara.

Ternyata selain lontong opor dan rendang, ada banyak makanan Lebaran lainnya yang tidak kalah lezat. Hidangan ini bisa disajikan di hari kedua atau ketiga usai lebaran. (Yanis)

Bagikan: