Usaha Toko Buku Konvensional Atau ‘Online’

Bandung, Beritainspiratif.com – Buku masih menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Meskipun minat baca masyarakat Indonesia terbilang rendah, buku masih layak Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis karena buku merupakan salah satu sumber referensi terbaik hingga saat ini.
Sementara itu, perkembangan internet membuat banyak toko-toko buku kecil yang menjual berbagai macam buku, baik melalui website sendiri, melalui platform marketplace seperti Tokopedia dan Bukulapak, atau bahkan hanya melalui media sosial.

Dikutip Elshinta.com, toko buku online seperti itu, bisa bersaing dengan toko buku konvensional yang besar karena jenis buku yang dicari pelanggan sangat banyak. Ada konsumen yang hanya suka membaca novel, ada yang hanya suka membaca buku religi atau ada juga yang membeli buku hanya untuk keperluan sekolah atau kuliah. Sementara itu, toko buku konvensional tidak bisa menyediakan semuanya di toko mereka. Konsumen biasanya lebih mudah mencari buku yang benar-benar mereka inginkan di internet. Hal ini lah yang membuat persaingan di industri penjualan buku masih terbuka lebar.

Jika Anda yang tertarik untuk membuka toko buku, sebaiknya mulai memikirkan jenis buku apa yang akan Anda jual. Hal Ini penting agar Anda dapat menyasar target pasar yang sesuai. Simak 10 jenis buku terlaris di Indonesia berdasarkan data peringkat penjualan buku TB Gramedia pada tahun 2014 yang dikutip dalam buku Industri Penerbitan Buku Indonesia Dalam Data dan Fakta yang diterbitkan Ikatan Penerbit Indonesia berikut ini:

1. Buku anak

Buku anak menjadi buku terlaris di Indonesia atau yang paling banyak dicari masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Total penjualan jenis buku ini mencapai 10.135.778 eksemplar. Menurut IKAPI permintaan buku anak didorong oleh harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan jenis buku lain dengan harga rata-rata Rp30.000.

2. Buku religi

Jenis buku religi menempati urutan kedua dengan total penjualan mencapai 3.421.197 eksemplar. Tingginya permintaan buku religi didorong oleh buku-buku agama Islam yang menarik perhatian masyarakat Indonesia dengan populasi umat muslim yang mencapai 87%. Buku-buku religi meliputi buku kitab suci, kumpulan doa-doa, cerita nabi dan rasul, atau buku-buku motivasi religi yang kini banyak diminati.

3.Buku fiksi

Buku fiksi masuk dalam deretan buku terlaris di Indonesia di urutan ketiga dengan total penjualan sebanyak 3.264.185 eksemplar. Buku yang memiliki segmentasi pembaca remaja hingga dewasa tersebut terdiri dari buku novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi dan sebagainya. Bila Anda ingin membuka toko buku, jenis buku-buku seperti ini bisa menjadi pilihan.

4. Buku pelajaran/sekolah

Potensi penjualan buku dari jenis ini terbilang tinggi mengingat pangsa pasarnya yang besar. Data dari Badan Pusat Statistik tahun 2014 mencatat ada sebanyak 48.346.091 peserta didik dari tingkat pendidikan kanak-kanak hingga tingkat menengah atas (SMA/SMK). Itu belum termasuk sekolah agama di bawah naungan Kementerian Agama yang mencapai 7.023.666. Total penjualan buku ini mencapai 3.427.828 eksemplar.

5. Buku referensi dan kamus

Peserta didik yang jumlahnya sudah disebutkan di atas, tentu saja membutuhkan buku referensi untuk menunjang mata pelajaran yang didapatkan di bangku sekolah. Itu belum termasuk mahasiswa yang pasti membutuhkan juga buku-buku referensi. Oleh karenanya, buku ini layak Anda pertimbangkan bila memulai membuka toko buku. Di TB Gramedia penjualan jenis buku ini pada tahun 2014 mencapai 1.687.873 eksemplar.

6. Buku bisnis dan ekonomi

Anda seorang pebisnis atau sedang memulai usaha? Mungkin Anda membutuhkan buku sebagai referensinya. Buku bisnis dan ekonomi menempati urutan keenam sebagai buku yang paling tinggi peminatnya. Total penjualan dari jenis buku ini sebanyak 954.045 eksemplar.

7. Buku pengembangan diri

Buku motivasi atau pengembangan diri ternyata cukup banyak peminatnya. TB Gramedia mencatat penjualan jenis buku ini sebanyak 823.324 eksemplar atau berada pada peringkat ke tujuh penjualan terbanyak.

8. Buku ilmu sosial

Pada peringkat kesembilan ada buku-buku sosial yang mencatat penjualan sebanyak 720.519 eksemplar. Buku yang membahas tentang kehidupan bermasyarakat, humaniora dan sejarah ini juga layak Anda pertimbangkan jika ingin mulai membuka toko buku.

9. Buku psikologi

Buku psikologi mencatatkan angka penjualan sebanyak 749.677 eksemplar atau berada pada posisi ke 9 sebagai jenis buku terlaris di Indonesia. Selain untuk kebutuhan akademis, buku psikologi juga banyak dicari masyarakat dalam karena berhubungan dengan diri setiap orang.

10. Buku Masakan

Pada urutan ke sepuluh ada buku-buku masakan yang banyak diminati oleh ibu rumah tangga sebagai referensi mereka untuk menyiapkan hidangan di rumah. Buku ini mencatatkan penjualan sebanyak 669.046 eksemplar.

(Kaka)

Bagikan: