Urap Terpanjang di Objek Wisata Guci Tegal Pecahkan Rekor Muri



Tegal, Beritainspiratif.com – Ratusan perempuan menyajikan makanan urap sayuran sepanjang 205 meter, pada gelaran acara Festival Guci 2018, Bumijawa, Kabupaten Tegal, Kamis, 27 September 2018, guna memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) bahkan dunia, yang diikuti oleh 677 perempuan mulai dari pelajar dan masyarakat umum.

Urap adalah makanan tradisional berbahan sayuran yang disajikan dengan bumbu kelapa, dan diolah dengan cara direbus. Lalu Urap tersebut disajikan oleh peserta di sepanjang jalan komplek kuliner, melewati jembatan hingga ke area parkir, sambil menawarkan kepada para pengunjung yang hadir.

Dilansir dari panturapost, menurut Eksekutif Manager MURI Tri Widayati, urap yang disajikan ini masuk dalam kategori pemecahan rekor perempuan terbanyak menyajikan urap.

"Kalau ini di kami masuk kategori rekor perempuan terbanyak menyajikan urap dari dua kategori lainnya yakni unik dan langka," katanya.

"Kriteria agar tercatat dalam pemecahan rekor harus ada 500 perempuan. Namun ini justru melebihi, yakni ada 677 perempuan," jelas dia.

Kemudian, Tri menambahkan, rekor sajian urap ini bahkan masuk rekor dunia. Di mana, dalam festival ini akan masuk dalam daftar Guinnes World Record.

"Sehingga kegiatan ini masuk dalam daftar MURI sebagai rekor dunia dengan nomor 8.646," terangnya.

Kepala UPTD Guci, Abdul Haris, menambahkan waktu persiapan untuk mengadakan festival tersebut sekitar satu bulan.

"Kami sudah persiapkan satu bulan yang lalu. Dengan mensosialisasikan untuk menyukseskan kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Tegal," jelas dia.

Dia menuturkan, dengan diraihnya rekor MURI diharapkandapat membuka peluang untuk mempromosikan Objek Wisata Guci lebih luas lagi.    (Yanis)

Berita Terkait