Urai Kemacetan, Pemkot Bandung Rekayasa Jalan Sukajadi



Bandung,Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Polrestabes Bandung melakukan rekayasa lalu lintas di daerah Sukajadi, Kota Bandung, Kamis (17/01/2019). Rekayasa tersebut untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi kawasan tersebut.

Petugas membuka Jalan Sukajadi dari arah utara dan selatan, sehingga kendaraan tidak perlu memutar taman yang bersinggungan dengan Jalan Bungur dan Jalan Cemara.  

Sebelumnya Pemkot Bandung merekayasa jalan terusan Jakarta pada Senin lalu. Intinya sama untuk mengurai kemacetan.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, rekayasa jalan akan dilakukan hingga sepekan ke depan. Selanjutnya akan ada evaluasi secara menyeluruh.

"Bila hasil menunjukkan hal baik, kami akan mempermanenkannya," ujar Yana di Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Kamis (17/1/2019).

Rekayasa Jalan Sukajadi sudah dikaji melalui aplikasi dengan berkoordinasi Polrestabes Bandung, Polda Jabar, dan Dinas Perhubungan Jabar. 

Pihaknya menjelaskan, selama ini Jalan Sukajadi memiliki beberapa titik kemacetan. Setelah melalui hasil kajian, Pemkot Bandung merekayasa jalan tersebut agar titik kemacetan berkurang. 

Kendaraan yang melaju dari arah utara, sebelumnya harus melakukan manuver cukup sulit khususnya bagi bus pariwisata yang melintasi Jalan Sukajadi.  

"Kayak contoh misalkan truk besar kalau harus bermanuver kan disana menimbulkan kelambatan,"ucap Yana.

Kendaraan dari Jalan Bungur tidak bisa langsung menuju Jalan Cemara. Hal itu karena arah utara dan selatan kembali dibuka. Dengan demikian, kendaraan perlu memutar di Borma Jalan Setiabudi. 

"Kalau kendaraan ke arah bawah memutar di taman Sukajadi," jelas Yana. 

Rekayasa jalan ini berlaku hingga Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Mengingat volume kendaraan di sekitar jalur Mal Paris Van Java (PVJ) sampai RSHS cukup tinggi, khususnya di akhir pekan.  

"Kita coba terus ke bawah sampai RSHS  terus rekayasa,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait