Urai Kemacetan di Bandung, PT KAI Akan Gunakan Teknologi Canggih

Bandung, Beritainspiratif.com – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Edi Sukmoro menyambangi Balai Kota Bandung pada Jumat (14/9/2018) pada kesempatan tersebut, Edi menemui Plt Wali Kota Bandung Oded M.Danial,menyampaikan sebuah teknologi pengurai kemacetan di Bandung, yakni Autonomous Rapid Transit (ART).

ART adalah moda transportasi massal berbasis rel virtual yang bertenaga baterai. “kalau berhenti itu menaikan dan menurunkan penumpang sekalian mengisi baterainya. Butuh sekitar 10 menit untuk perjalanan 25 Km,”papar Edi.

Edi menambahkan, selain canggih ART dinilai lebih murah lantaran tidak memerlukan rel konvensional, “karena pakai rel virtual dia lebih murah, cara kerjanya yakni diarahkan dengan membaca sensor, tentu bisa dikerjakan lebih cepat,” tambahnya

Dikutip dari laman Pemkot Bandung, meski masih dalam tahap pembahasan, rencananya ART akan digunakan di jalur-jalur padat dengan badan jalan yang besar seperti Soekarno Hatta dan Jalan Asia Afrika.

Menanggapi hal tersebut, Mang Oded sapaan Oded M Danial turut mendukung program PT KAI “Tidak ada alasan buat saya untuk tidak mendukung,” tutur Mang Oded usai menerima kunjungan jajaran direksi PT. KAI.

Selain membahas ART, PT KAI dan Pemkot Bandung juga membahas rencana reaktivasi empat jalur kereta yakni Cibatu-Garut-Cikajang, Bandung – Ciwidey, Banjar-Pangandaran-Cijulang, dan Rancaekek-Tanjungsari. (Yanis)

Bagikan: