UPI Tetapkan 4 Bakal Calon Rektor Masa Bakti 2020-2025

Bandung, Beritainspiratif.com – Majelis Wali Amanat (MWA) Universiatas Pendidikan Indonesia (UPI), menetapkan empat bakal calon Rektor untuk mengikuti proses pemilihan Rektor masa bakti 2020-2025.

Keempat bakal calon tersebut adalah Prof Dr Bunyamin Maftuh MPd MA; Prof Dr Didi Sukyadi MA; Prof Dr M Solehuddin MPd MA; dan Prof Dr R Asep Kadarohman MSi, dari petahana yang saat ini menjabat Rektor UPI.

Ketua Panitia Penjaringan dan Pemilihan Rektor UPI 2020 – 2025, Dr. R. Boyke Mulyana mengatakan, keempat bakal calon Rektor tersebut berasal dari internal UPI. Tidak ada dari luar yang mengambil formulir dan mendaftar sebagai bakal calon RektorUPI, sejak pendaftaran dibuka 12 Februari 2020 lalu.

“Mereka adalah yang mengambil dan menyerahkan formulir pendaftaran dan persyaratannya kepada panitia,” kata Boyke di kampus UPI jalan Setiabudhi kota Bandung, Jumat (13/3/2020).

Boyke menuturkan, setelah keempat bakal calon Rektor ditetapkan, pihaknya melakukan verifikasi dan validasi persyaratan yang harus dipenuhi.

“Ada tim verifikasi yang memeriksa persyaratan, untuk meyakinkan persyaratannya valid atau tidak. Kami juga mendatangkan psikolog dan dokter untuk memastikan keempat bakal calon sehat jasmani dan rohani. Dan keempat bakal calon, dinyatakan lolos untuk mengikuti proses pemilihan rektor selanjutnya,” ujar dia.

Menurut Boyke, tahap selanjutnya mereka akan memaparkan kertas kerja kepada publik melalui public hearing yang diagendakan pada Senin (16/3) dan tahapan di senat akademik (19/3). Dari empat bakal calon tersebut akan dipilih tiga orang, kemudian disampaikan kepada MWA dan dipilih satu orang sebagai calon Rektor terpilih.

“Pemilihan dilaksanakan pada 28 April, tempatnya di Bandung atau Jakarta masih tentatif. Untuk pemilihan, suara dari unsur MWA 65 persen dan Kemendikbud 35 persen,” ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Panitia Prof. Juju Masunah menilai, keempat bakal calon Rektor seluruhnya merupakan orang-orang yang berintegritas tinggi terhadap perkembangan dan kemajuan UPI.

“Siapapun yang terpilih nanti, diharapkan dapat membawa UPI lebih maju lagi,” pungkas Juju.

(Ida)

Bagikan: