UPI Targetkan Tahun 2020 Miliki 125 Sampai 130 Guru Besar



Bandung,Beritainspiratif.com - Universiatas Pendidikan Indonesia (UPI) akan mengukuhkan delapan Guru Besar dari berbagai disiplin ilmu. Pengukuhan dilaksanakan dua hari pada tanggal 2 dan 3 Juli 2019, di gedung Achmad Sanusi Kampus UPI jalan Dr Setiabudhi 229 kota Bandung.

Sekretaris Dewan Guru Besar UPI Prof.Hj. Kokom Komalasari mengatakan,
pada pengukuhan tersebut, kedelapan guru besar menyampaikan orasi ilmiah untuk menunjukkan kepakarannya dibidang ilmu masing-masing.

"Diharapkan guru besar ini terus melakukan risert dibidang kepakarannya, sehingga semakin kokoh sebagai guru besar tidak hanya di UPI tapi juga bisa berkibar di nasional dan internasional," ujarnya.

Dengan pengukuhan ke delapan guru besar ini, menurut Kokom jumlah guru besar yang akan dimiliki UPI hampir mencapai target.

Pada tahun 2020 mendatang, UPI menargetkan jumlah guru besar mencapai 125 sampai 130 orang, sedang saat ini ada 115 guru besar.

"Hanya memang guru besar itu ada yang baru kemudian ada yang pensiun. Dari 115 guru besar yang ada saat ini, 105 guru besar diantaranya masih aktif dan 10 guru besar emeritus. Tahun ini ada dua guru besar yang pensiun dan tahun 2020 enam orang," kata Prof. Kokom, Senin (1/7/2019).

Meski demikian lanjut Kokom, guru besar akan bertambah, karena yang berproses di Jakarta ada sekitar 10 orang.

"Guru Besar kita akan bertambah, karena yang berproses di Jakarta juga cukup banyak belum yang sedang divalidasi di UPI. Sehingga di tahun 2020, target 125 sampai 130 Guru Besar akan tercapai," imbuhnya.

Kepala Humas UPI Dr. Yuliawan Kasmahidayat menjelaskan, kedelapan Guru Besar yang akan dikukuhkan adalah Prof. Dr. Uyu Wahyudin M.Pd sebagai Guru Besar Bidang Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Prof. Dr. Dinn Wahyudin MA, guru besar Bidang Pengembangan Kurikulum pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Prof Dr Wachyu Sundayana MA, guru besar bidang Pendidikan Olahraga pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Prof. N. Tatat Hartati MEd PhD, bidang Ilmu Pedagogi Bahasa SD pada Fakultas llmu Pendidlkan (FIP).

Selain itu, Prof.Dr.Syahidin,MA guru besar bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam pada Fakuktas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Prof. Juju Masunah, S.Kar guru besar bidang Pendidikan Seni Tari pada fakuktas Pendidikan Seni dan Desain serta Prof.Dr. Rizky Rosjanuardi M.Si guru besar Aljabar Operator pada Departemen Pendidikan Matematika FPMIPA dan Prof.Dr. Encep Syarif Nurdin dalam bidang Ilmu Kebijakan Publik pada fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

"Ke delapan guru besar itu, akan dikukuhkan besok dan lusa, masing-masing empat orang. Mereka akan menyampaikan orasi berdasarkan bidang kepakarannya,". (Ida)

Berita Terkait