UPI Kampus Pertama Tertib Lalin di Jabar

Bandung,Beritainspiratif.com – Ditlantas Polda Jawa Barat menetapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), sebagai universitas pertama di Jawa Barat yang menerapkan kampus tertib lalulintas.

Kampus yang berlokasi di jalan Setiabudi kota Bandung ini, dinilai berhasil menanamkan nilai-nilai kesadaran, kepatuhan, disiplin dan ketertiban lalulintas di dalam kampus.

Hal itu diawali dengan penataan area parkir, trotoar bagi pejalan kaki termasuk penyandang disabilitas, parkir kendaraan roda empat menghadap ke jalan dan menyediakan kendaraan khusus untuk angkutan dalam kampus. Disamping itu, menempatkan rambu- rambu lalintas dan menerapkan sistem tiket bagi kekuar masuk kendaraan.

“Polda Jabar menyambut baik tindakan nyata yang dilakukan UPI, dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas di dalam kampus,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol. Rudy Sufahriadi dalam sambutannya disampaikan Direktur Lalulintas Polda Jabar Kombes Pol. Mohamad Aris pada pencanangan UPI sebagai kampus Tertib Lalulintas, Senin (20/5/2019).

Menurut Kapolda, kampus tertib lalulintas ini merupakan program unggulan Polri yang akan dijadikan role model atau desain dalam perubahan perilaku dengan memupuk jiwa dan tanggung jawab berlalulintas.

“Dengan sikap berlalulintas yang ditanamkan secara baik di kampus, berarti mendukung Polda, Dishub dan Jasa Raharja dalam menekan angka kecelakaan lalulintas,” ujarnya.

Tertib lalulintas lanjut Kapolda adalah etika. Etika pengendara di jalanan akan tercermin dalam berlalulintas.

UPI dengan ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia, diharapkan mampu membuat mahasiswa/i nya tertib berlalulintas dan mempunyai etika berlalulintas yang tinggi.

“Kami harap kampus UPI jadi role model nasional. Pencanangan kampus tertib lalulintas ini tidak hanya ceremonial, tapi dapat ditindaklanjuti,” tegas Kapolda.

Menurut Rektor UPI Prof. Dr HR Asep Kadarohman, perlu proses cukup lama membangun kesadaran civitas academica dan tenaga kependidikan dalam menciptakan tertib lalulintas di dalam kampus.

“Ini adalah hasil dari proses yang cukup lama. Sekitar 6 tahun kita coba bangun. Awalnya pengingatan, kemudian pembiasaan dan sekarang kesadaran bisa melaksanakan tertib lalulintas di kampus,” papar Rektor.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumberdaya & Administrasi Umum Dr Edi Suryadi.

Ia mengatakan, dengan penataan parkir dan jalur kendaraan, lalulintas didalam kampus berjalan lancar dan tidak ada lagi kecelakaan lalulintas.

“Disini kan ada lab school, SMP, SMA dan Universitas. Ada ribuan motor dan mobil yang masuk. Sementara lahan terbatas. Dengan penataan yang kami lakukan, lalulintas di dalam kampus kini tidak lagi krodit,” ucap Edi Suryadi.

[Ida]

Bagikan: