UPI Gelar UTBK Dengan Protokol Covid-19, Inilah Jadwalnya



Bandung, Beritainspiratif.com - Sebanyak 15.249 calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Menurut Direktur Akademik UPI Dr. Asep Supriatna, UTBK dilaksanakan di 7 lokasi yaitu kampus UPI jalan Seiabudhi Bandung, UPI kampus Sumedang, UPI kampus Cibiru dan UPI kampus Purwakarta serta di tiga mitra perguruan tinggi yakni Politeknik Negeri Bandung, Piliteknik Negeri Pos Indonesia dan SMA Labschool yang berada dalam kampus UPI.

Ujian dilaksanakan dalam dua tahap dari tanggal 5 sampai 29 Juli, sedangkan SBMPTN diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020.

"Waktunya sangat panjang, dibagi dalam dua gelombang. Namun tidak semua lokasi UTBK menggelar dua gelombang. Contohnya UTBK di kampus Bumi Siliwangi, hanya digelar satu gelombang," kata, Asep di gedung Direktorat Akademik UPI, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga:187-kk-di-tamansari-desak-pemkot-bandung-segera-selesaikan-rumah-deret

Asep mengatakan UTBK gelombang ke I diselenggarakan mulai 5 - 12 Juli, sedangkan gelombang ke II pada 20 - 29 Juli 2020.

UTBK yang berlokasi di kampus Bumi Siliwangi (UPI) kota Bandung digelar pada 5-12 Juli, Politeknik Pos Indonesia Bandung 5-11 Juli, Politeknik Negeri Bandung 5-11 Juli, UPI kampus Cibiru Kabupaten Bandung 5-14 Juli dan 20-25 Juli, UPI kampus Sumedang 5-14 Juli dan 20-29 Juli serta di UPI kampus Purwakarta 5-14 Juli dan 20-29 Juli 2020.

Lebih lanjut dikatakan Asep, UTBK disebar pada sejumlah ruangan di beberapa gedung, dengan jumlah dibatasi antara 10 sampai 15 peserta dalam satu ruangan.

Baca Juga:Pemkot-bandung-kesadaran-masyarakat-memelihara-taman-belum-cukup-tinggi

Hal itu sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, dengan membatasi pergerakan peserta antar provinsi dan antar kabupaten/kota.

"Kami sangat ketat menerapkan protokol Covid-19. Mulai dari peserta keluar rumah sampai pintu gerbang, ruang transit, masuk ruang ujian dan selesai ujian, peserta terus kita kawal," ujar Asep.

Ia menambahkan, dari 15.249 peserta UTBK SBMPTN 2020, hanya, sekitar 200 peserta yang berasal dari luar Jawa Barat. Bila peserta dari luar Jawa Barat tidak dapat mengikuti UTBK di UPI, dapat melaporkan alasannya agar lokasi ujian bisa direlokasi.

"Bagi peserta dari luar Jawa Barat yang tidak dapat ijin ke Bandung karena pandemi Covid-19, segera lapor ke kita agar kita relokasi," ucapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Hubungan Masyarakat UPI Deni Darmawan menuturkan, untuk memberikan ketenangan dan rasa aman Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat, melakukan rapid test secara sampling pada 164 orang yakni 119 peserta dan 45 orang panitia pelaksana UTBK.

"UPI juga menyiapkan ruang isolasi mandiri sementara di lokasi UTBK lengkap dengan tenaga medis, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak
diharapkan," pungkasnya.

(Ida)

Berita Terkait