UPI Buka Pendaftaran Calon Komite Audit Periode 2020-2025



Bandung, Beritainspiratif.com - Dengan akan berahirnya masa jabatan Komite Audit periode 2015-2020 pada 9 September 2020, Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan penjaringan dan pemilihan anggota Komite Audit periode 2020-2025.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penjaringan dan Pemilihan anggota Komite Audit UPI masa bakti 2020-2025 UPI, H. Ahmad Saefudin mengatakan komite audit merupakan bagian penting dalam organ MWA.

Baca Juga:Pemkot-bandung-dukung-uji-klinis-vaksin-covid-19

Tugas komite audit adalah mengevaluasi hasil audit dari internal maupun eksternal. Disamping itu menemukan kekurangan dan memberikan masukan untuk perbaikan penyelenggaraan pendidikan serta bagaimana anggaran yang tepat dan layak agar menghasilkan output berkualitas.

"Komite audit menjadi tempat informasi serta memberikan saran dan masukan kepada ketua MWA, sehingga memiliki rancang bangun kebijakan yang akan digulirkan secara statuta kepada rektor sebagai kebijakan teknis dalam penyelenggaraan pendidikan," katanya di kampus UPI jalan Setiabudhi kota Bandung, Senin (27/7/2020).

Baca Juga:Rektor-upi-kukuhkan-8-guru-besar-baru-berbagai-bidang-ilmu

Menurut Saefudin calon Komite Audit harus memiliki kompetensi antara lain dibidang akuntansi, keuangan, hukum dan tata kelola perguruan tinggi dan pengelolaan barang milik negara.

"Calon yang kami butuhkan harus betul-betul memahami tentang keuangan negara, perpajakan, hukum bisnis dan aturan hukum penyelenggaraan pendidikan," tandasnya.

Komite audit beranggotakan 5 orang, terdiri atas ketua berasal dari anggota MWA, 4 orang lainnya masing-masing 2 orang dari internal UPI dan profesional dari luar UPI.

"Yang dicari 5 orang, satu dari MWA sebagai ketua merangkap anggota. Itu yang memilih MWA. Kami Satgas yang dibentuk oleh MWA, ditugaskan untuk memilih 4 orang anggota, 2 orang dari UPI dan 2 orang dari luar UPI. Tapi secara umum yang 4 orang ini harus memahami tentang penyelenggaraan pendidikan, spesifikasi laporan keuangan negara, perpajakan, hukum bisnis dan akuntan tapi tidak semua akuntan jadi auditor," ujarnya.

Proses penjaringan dimulai dengan tahapan pengambilan dan pengembalian formulir mulai 27 Juli sampai 7 Agustus 2020. Sedangkan penetapan bakal calon (balon) 18 agustus dan pengumuman daftar tetap balon pada 20 agustus 2020.

"Tahap selanjutnya penyajian kertas kerja dan wawancara. Pada 9 September (Komite Audit) dilantik," ucapnya.

Informasi lengkap mengenai syarat dan tahapan pemilihan calon anggota komite audit UPI, dapat dilihat di laman www.upi.edu atau www.mwa.upi.edu.

(Ida)

Berita Terkait