UPI Bandung Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional 2018



Bandung, Beritainspiratif.com - Tiga mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meraih juara 1 Lomba Debat Nasional dalam Pekan Sosial Nasional (PESONA) 2018, di Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Bandung pada 13-14 November 2018.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Rembulan (Prodi Bimbingan dan Konseling, 2016, FIP), Apriya Maharani (Prodi PKn, 2016, FPIPS) dan Dwi Arif (Prodi Pendidikan Sejarah, 2016, FPIPS) yang dikutip dari laman resmi UPI.

Lomba debat dengan mengusung tema “Peran Pemuda di Pemilu 2019 dalam Menjaga Keutuhan NKRI”. Lomba debat tersebut diikuti oleh 7 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah lolos seleksi tahap pertama, yakni seleksi esai.

Tim yang diketuai oleh Rembulan ini, berhasil melaju ke babak final, setelah melalui berbagai tahapan, yakni babak penyisihan, babak 6 besar, dan babak semifinal.

Pada pertandingan final Tim UPI duduk pada posisi kontra melawan Universitas Diponegoro yang berada pada posisi Pro. Pada pertandingan final yang memperdebatkan mosi mengenai banyaknya calon pemilih dalam Pemilu yang tidak memanfaatkan hak memilihnya demi memajukan pemerintahan Indonesia adalah gambaran nyata jika Nasionalisme bangsa kita masih rendah, berhasil membawa tim UPI memperoleh Juara 1.

Selain itu, Rembulan yang bertugas menjadi pembicara ke-3 berhasil meraih gelar Best Speaker pada Lomba Debat Nasional tersebut.    (Yanis)

Berita Terkait