UPI Bandung Perkuat Berbagai Kerjasama Dengan Daarut Tauhid



Bandung, Beritainspiratif.com - Rektor UPI Bandung, Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si., melakukan sillaturahim dengan Ketua Pembina Yayasan Daarut Tauhiid, KH. Abdullah Gymnastiar.

Silaturahim bertempat di area Daarus Sunnah – Eco Pesantren Daarut Tauhiid, Jalan Cigugur Girang No. 33, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat pada Sabtu (17/11/2018).

Dikutip dari laman resmi UPI, hadir dalam silaturahim adalah Kepala Badan Pengelola & Pengembangan Usaha (BPPU) UPI, Dr. H. Nugraha, S.E., M.Si., Akt CA, dan Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dr. Dadang Rahmat Munandar, M.Pd.

Kunjungan sillaturahim Rektor UPI tersebut dimaksudkan guna memperkuat kerjasama yang telah dibangun selama ini, dan rencana kerjasama yang akan dilakukan selanjutnya adalah pembukaan sekolah juara antara UPI, Dinas Pendidikan Jawa Barat dan Daarut Tauhiid.

Ke depan akan dibuat kelas khusus dari siswa-siswa yang memiliki prestasi dari masing-masing kabupaten dan kota se-Jawa Barat. Sementara itu, dalam upaya meningkatkan kewirausahaan dan pendidikan karakter, UPI dan Daarut Tauhid akan mengembangkan kelas Tauhid di SMP Laboratorium Percontohan UPI, persiapan pendidikan kepala sekolah untuk di Jawa Barat dan persiapan program satu desa satu tahfidz se-Jawa Barat.

“Tujuan utama pertemuan ini adalah silaturahim dalam upaya mempererat kerjasama yang sudah terbangun antara UPI dan Daarut Tauhiid,” ujar Rektor UPI.

Pada awal pertemuan, Rektor UPI beserta jajaran memerhatikan geliat pendidikan karakter yang terus dibangun oleh Daarut Tauhiid. Rektor UPI mengapresiasi hal ini seraya meminta penjelasan lebih lanjut terkait bagaimana pendidikan karakter dibangun oleh KH. Abdullah Gymnastiar.

“Kami memiliki karakter yang mutlak dan tidak bisa ditawar. Bila seseorang tidak disiplin, tidak menyimpan sesuatu pada tempatnya itu zalim. Kami membangun karakter dari hal-hal tersebut. Kita selalu melihat prestasi, padahal prestasi sebetulnya adalah efek dari perilaku,” ujar KH. Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Aa Gym bahwa karakter yang selama ini dibangun adalah ‘BaKu’, merupakan singkatan dari ‘Baik dan Kuat’. Unsur baik terbangun atas tiga aspek, yakni: ikhlas, jujur, dan tawadhu. Sementara itu, unsur kuat dibangun dalam tiga aspek, yaitu: berani, disiplin, dan tangguh. Bilamana seluruh nilai tersebut dapat berpadu baik akan memiliki dampak kebaikan bagi kehidupan seseorang.

Agenda lain dalam silaturahim ini adalah olahraga bersama. Kesempatan istimewa ini dimanfaatkan dengan berkuda. Aa Gym pun memberikan beberapa informasi ringkas bagi seluruh peserta silaturahim. Kuda yang terdapat pada Eco Pesantren Daarut Tauhiid telah dipastikan keamanan dan kesehatannya.

Pada akhir silaturahim, Rektor menyampaikan harapannya terkait silaturahim ini. Rektor berharap rencana kerjasama yang sudah dibuat dapat secara bertahap direalisasikan, utamanya dalam kaitannya membangun karakter mahasiswa, peserta didik, dan masyarakat – umat secara keseluruhan. Rektor juga berupaya untuk melibatkan banyak pemangku kepentingan. Tentu saja, hal ini akan membangun dampak yang jauh lebih positif.

“Kita berharap kerjasama ini juga dapat melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat beserta dinas-dinas lain yang terkait. Kita berharap kerjasama dapat memberikan dampak positif,” pungkas Rektor UPI.

(Yanis)

Berita Terkait