Upaya Kepala Desa Palir Sadarkan Masyarakat Agar Tidak Buang Sampah Sembarangan

Cirebon,Beritainspiratif.com – Dalam rangka menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di saluran irigasi pemerintah Desa Palir, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, melakukan upaya untuk membersihkan saluran irigasi dan menanam ribuan ikan di saluran irigasi tersebut.

Ditemui Beritainspirarif.com, Kepala Desa Palir, Durakman, Jumat (8/11/2019) mengatakan, ide kreatif untuk menanam ikan di saluran irigasi tepat nya di blok blok Kulon ini karena keprihatinan dirinya sebagai kepala desa dengan banyak nya sampah sepanjang saluran irigasi tersebut.

“Awalnya saluran irigasi ini banyak pisan sampahnya, saya berfikir bagai mana saluran irigasi ini bisa bermanfaat bagi banyak orang, akhirnya saya bikin kan saja kolam ikan dengan media saluran irigasi,” ujar Durakman.

Dikatakan Durakman, awalnya tidak mudah menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan khususnya di saluran irigasi, namun sedikit demi sedikit, masyarakat pun sadar akan pentingnya saluran irigasi ini.

“Langkah awal yang kami lakukan pertama adalah membersihkan saluran irigasi ini sepanjang 40 meter, dan kami isi dengan ikan-ikan konsumsi seperti ikan nila,” katanya.

Setelah di isi ikan, dikatakan Durakman, masyarakat mulai merasakan manfaat, dan banyak juga yang penasaran dengan keunikan saluran irigasi ini, kemudian pihaknya pun membuat tempat agar masyarakat bisa menikmati ikan-ikan ini.

“Sekarang sih banyak masyarakat baik dari dalam desa maupun luar desa yang datang hanya untuk menikmati ikan-ikan ini,” katanya.

Kedepan, dikatakan Durakman, pihaknya berencana akan menambah kolam ikan dengan media saluran irigasi ini, dan nantinya pengelolaan ikan-ikan ini diserahkan kepada Karangtaruna dan juga masyarakat sekitar.

“Ikan-ikan ini tentunya harus dipelihara baik makan dan lainnya, ini semua saya serahkan kepada masyarakat dan juga karangtaruna semoga bisa bermanfaat,” tambahnya. (Dekur)

Bagikan: