Unpad Peringkat 9 dalam UI Greenmetrics 2018 yang Diikuti Berbagai Perguruan Tinggi



Depok, Beritainspiratif.com Unpad yang diwakili oleh Direktur Sarana dan Prasarana Universitas Padjadjaran Dr. Irwan Ary Dharmawan dan Kepala Kantor Pengelolaan Lingkungan Dr. Teguh Husodo menerima piagam UI Greenmetrics Awards 2018 di Balai Sidang Kampus UI, Depok, Rabu (19/12/2018).

Dr. Teguh mengatakan, ada enam indikator utama beserta 10 parameter penilaian yang dilakukan UI Greenmetric. Enam indikator tersebut meliputi pengaturan lahan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, sampah, air, transportasi, dan edukasi.

Dr. Teguh yang juga bertindak sebagai ketua tim penyusun borang UI Greenmetric 2018 menjelaskan, penilaian dari pemeringkatan ini berbasis daring. Setiap peserta mengisi jawaban dari pertanyaan pada laman yang disediakan. Pertanyaan ini akan memberikan bobot atau persentase atas jawaban yang disampaikan.

“Secara otomatis, jawaban akan dinilai oleh laboratorium cybometrics dan didukung oleh justifikasi dari tim panel,” ungkap Dr. Teguh yang dilansir dari laman resmi Unpad.

Walaupun hanya menjawab berbagai pertanyaan yang disiapkan, setiap peserta juga wajib melampirkan data yang membuktikan jawaban, seperti dokumen Surat Keputusan, foto, kegiatan, program, maupun daftar hasil penelitian yang sudah dilakukan universitas. Proses pengisian borang sendiri dilakukan pada bulan September hingga November.

Lebih lanjut Dr. Teguh memaparkan, data dalam pengisian borang UI Greenmetrics berasal dari seluruh direktorat di lingkungan Unpad. Ini berarti proses pengisian borang melibatkan seluruh komponen universitas.

Dari enam indikator utama, ada beberapa program yang mendapat apresiasi. Dr. Teguh mengungkapkan, program pengelolaan dan konservasi air, adanya pusat data, hingga teknologi pemantauan angkutan kampus merupakan program yang diapresiasi tim Greenmetrics.

“Bahkan Kepala Cybermetric Lab – Scimago Group Dr. (HC) Isidro F. Aguillo mengapresiasi adanya pusat unggulan Maluku Corner yang dimiliki Unpad,” imbuh Dr. Teguh.

Enam indikator dalam penilaian UI Greenmetrics sebenarnya merupakan pekerjaan sehari-hari Unpad, baik dalam bentuk inovasi, pengembangan, maupun rutinitas. “Kalau kita ingin pertahankan atau tingkatkan peringkat, pertahankan yang sudah berjalan dan terus kembangkan inovasi,” kata Dr. Teguh.

Pemeringkatan UI Greenmetrics 2018 diikuti oleh 719 perguruan tinggi di seluruh dunia. Di tingkat nasional, sebanyak 66 perguruan tinggi mengikuti pemeringkatan ini.

Yanis

Berita Terkait